Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Sering Sakit Perut? Mungkin Kamu Lagi Stres, Tuh!

Itha Prabandhani,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sering Sakit Perut? Mungkin Kamu Lagi Stres, Tuh!
Image: istimewa

Jakarta - Stres akibat tekanan pekerjaan dan padatnya rutinitas sehari-hari adalah hal yang biasa terjadi. Stres dapat juga diakibatkan oleh pengalaman tidak menyenangkan atau harus menghadapi perubahan yang tiba-tiba.

Saat kamu mengalami stres, tubuh akan merespons dengan cara yang berbeda-beda. Salah satunya adalah sakit perut atau gangguan pencernaan.

Menurut dr. Roshini Rajapaksa, seorang dokter spesialis gastroenterologi, ada hubungan antara otak dan lambung, yang disebut dengan gut-brain axis. Gut-brain axis adalah sebuah sistem yang menghubungkan otak dengan sistem pencernaan kita. Koneksi ini terdiri dari saraf, hormon, dan juga sistem imun.

Gut-brain axis ini diatur oleh mikrobiom, yaitu kumpulan bakteri baik dalam lambung yang memiliki peran penting dalam proses pencernaan. Mikrobiom juga berperan untuk memerintahkan lambung memproduksi hormon serotonin dan triptofan yang akan berpengaruh pada kondisi psikologis seperti kecemasan, stres, dan depresi.

1591755913-stres-sakit-perut.jpg

Saraf yang menghubungkan otak dengan lambung akan memunculkan respons pada lambung ketika kamu merasa stres. Sebagai contoh, ketika kamu merasa gugup atau gelisah, kamu akan merasakan mulas dan mual. Kondisi ini bisa lebih serius apabila kamu mempunyai masalah pencernaan yang lebih parah.

Untuk mengatasi hal tersebut, penting untuk kamu selalu menjaga kesehatan lambung, guys. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan asupan makanan yang kaya probiotik. Probiotik bisa kamu temukan di yoghurt, kimchi, miso, kefir, dan juga tempe.

Selain itu, kamu juga perlu menjaga asupan prebiotik, yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran, agar mikrobiom dalam lambungmu tetap sehat.

Untuk mengelola stres kamu, cobalah melakukan yoga, meditasi, latihan pernafasan, dan olahraga yang teratur. So, stay healthy ya, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait