Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Shoppertainment: Pengalaman Belanja Online Sambil Nikmati Hiburan

Eronika Dwi,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Shoppertainment: Pengalaman Belanja Online Sambil Nikmati Hiburan
Image: Ilustrasi belanja online. (Freepik/Snowing)

Jakarta - Berbelanja di e-commerce kini semakin dipermudah dengan hadirnya konsep Shoppertainment yang mengintegrasikan pengalaman berbelanja dengan berbagai interaksi dari live streaming, gamification serta berbagai hiburan.

Di Indonesia maupun Asia Tenggara, istilah Shoppertainment ini pertama kali dipelopori oleh Lazada. Shoppertainment di Lazada mengintegrasikan pengalaman berbelanja, interaksi, dan hiburan.

Shoppertainment di Lazada tidak hanya memperkaya pengalaman konsumen saja, tetapi pada saat yang sama, seluruh fitur ini juga membantu mendorong bisnis untuk tumbuh dalam konsep yang unik dan berbeda.

Pasalnya saat proses live streaming, yang merupakan inti dari strategi Shoppertainment Lazada, konsumen dapat membeli berbagai item yang bisa dilihat dalam fitur closed-loop 'See Now Buy Now' (Lihat Sekarang Beli Sekarang).

Fitur tersebut memungkinkan konsumen untuk segera membeli item dari live streaming, sehingga menjadikannya sebagai saluran penjualan yang efektif untuk bisnis dan penjual.

Dikatakan Live Streaming Lead Lazada Indonesia, Partogi Baringbing, untuk membuat Shoppertainment saat live streaming benar-benar berdampak pada penjualan para seller, timnya selalu mengangkat tren yang ada sebagai salah satu tema atau topik bahasan dalam konten live streaming LazLive.

"Pada dasarnya, saya dan tim sudah terbiasa untuk memikirkan, menyiapkan dan memproduksi konten secara sigap, cepat, namun harus tetap relevan dengan tren yang sedang diminati masyarakat saat ini," kata Partogi Baringbing, Minggu (3/10/2021).

1633325474-Live-Streaming-Lead-Lazada-Indonesia,-Partogi-Baringbing.jpgSumber: Live Streaming Lead Lazada Indonesia, Partogi Baringbing. (Dok. Istimewa)

LazLive sendiri kaya akan konten variatif, kreatif, dan bernilai. Beberapa diantaranya adalah 'Generasi Cuan' yang hadir untuk mengedukasi generasi muda agar dapat menabung berinvestasi.

Lalu ada 'Curhat with Nona Feli' yang dirancang seperti layaknya talk show dengan topik hangat dan relevan. Selanjutnya ada program 'Jalan-Jalan Jelajah' dengan host dari seluruh dunia guna mengajak para penonton LazLive untuk jalan-jalan virtual.

Partogi menilai, Shoppertainment merupakan sebuah terobosan terbaru yang memiliki kontribusi nyata bagi perkembangan e-commerce dalam membuka cakrawala baru untuk berjualan secara kreatif dengan mengoptimalkan kanal digital yang inovatif dan berdampak signifikan.

"Saya melihat Shoppertainment sebagai sebuah solusi baru yang akan makin mendorong kejayaan e-commerce ke depannya. Lazada memiliki andil sebagai pelopor konsep shoppertainment di kawasan Asia Tenggara dengan peluncuran fitur live streaming dalam aplikasi pada November 2018," ungkap Partogi.

Live streaming yang merupakan bagian dari Shoppertainment telah menjadi game changer di industri e-commerce dan diperkirakan akan terus berkembang.

Live streaming membantu mendigitalisasi bisnis, membantu menciptakan lapangan pekerjaan dan mendukung komunitas.

Selain itu, teknologi Shoppertainment Lazada memungkinkan konsumen tetap terhubung dengan brands atau sellers dimanapun mereka berada.

Konsep ini tidak hanya memberikan pengalaman yang unik kepada para penjual dan pembeli di Lazada, namun juga sekaligus menjadi upaya untuk membantu para brands dan penjual di platform Lazada bisa bertahan dan tetap produktif di tengah pandemi ini.

"Dengan teknologi canggih yang dimiliki Alibaba, Lazada menghadirkan pengalaman live stream berkelas dunia, dan berfokus pada konten berkualitas terbaik serta pengalaman berbelanja yang unik, yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna," ujar Partogi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait