beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Simak! Ini 7 Kandungan dalam Skincare dan Manfaat Buat Kamu

Itha Prabandhani,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Simak! Ini 7 Kandungan dalam Skincare dan Manfaat Buat Kamu
Image: Ilustrasi kandungan skincare. (Freepik)

Jakarta - Saat membeli dan menggunakan produk skincare, mungkin kamu sering mendengar nama bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, yang menjadi kelebihan dari produk tersebut.

Namun, kebanyakan kandungan dari bahan di dalam produk skincare ditulis dalam bahasa ilmiah yang nggak diketahui semua orang.

Kandungan bahan-bahan tersebut memiliki kegunaan dan manfaatnya masing-masing. Karena itu, kamu mesti jeli memilih skincare yang mengandung bahan yang menjawab kebutuhan kulit wajahmu, guys.

Nah, buat kamu yang masih sering bingung dengan kandungan bahan yang ada, berikut rangkuman dari Urbanasia yang dilansir dari berbagai sumber. Yuk, cermati sama-sama, guys!

1. Alpha hydroxy acid (AHA)

1611119828-kandungan-skincare2.jpgSumber: Ilustrasi kandungan skincare. (Freepik)

Alpha hydroxy acid atau yang disingkat AHA merupakan sejenis asam yang sering digunakan sebagai bahan kandungan produk skincare, terutama pada produk-produk eksfoliasi.

Bahan ini berfungsi untuk mengikis sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan mengalami regenerasi sel-sel dan tampak lebih sehat.

2. Acid

Acid atau asam merupakan zat kimia yang memiliki pH kurang dari 7. Di dalam produk skincare, biasanya dikenal beberapa jenis asam, seperti asam hialuronat (hyaluronic acid), asam asetat (acetic acid), asam laktat (lactic acid), dan Beta-Hydroxy Acid (BHA).

Setiap jenis asam ini memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda. sebagai contoh, BHA adalah kandungan skincare yang dapat meresap jauh hingga ke dalam pori-pori dan membersihkan jerawat dan komedo. BHA yang banyak digunakan dalam skincare adalah salicylic acid atau asam salisilat.

3. Benzoyl peroxide

Kandungan ini sangat ampuh untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Namun, bahan ini dapat membuat kulit lebih kering dan mengalami iritasi, karena itu gunakanlah pelembap setelah menggunakan skincare dengan kandungan ini. 

4. Emollient

1611119861-kandungan-skincare3.jpgSumber: Ilustrasi kandungan skincare. (Freepik)

Buat pemilik kulit kering, emollient adalah kandungan yang sangat diperlukan kulit. Emollient bermanfaat untuk meningkatkan kadar air, sehingga membuat kulit lebih terhidrasi.

Kandungan ini biasanya ditemukan di produk pelembap, seperti moisturizer, hydrating toner, hingga eye cream.

5. Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang banyak ditemukan pada berbagai jenis skincare.

Bahan ini bermanfaat untuk melembapkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, hingga melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan hiperpigmentasi.

6. Non-comedogenic

Buat pemilik kulit wajah berminyak atau rawan berjerawat, pilihlah produk skincare yang memiliki label non-comedogenic.

Artinya, produk skincare tersebut memiliki kandungan yang tidak berpotensi menyumbat pori-pori, sehingga kamu aman dari penyebab jerawat.

7. Retinoid

Retinoid adalah kelompok turunan vitamin A yang biasanya ditemukan dalam produk skincare anti-aging. Bahan ini dapat mendorong proses regenerasi sel-sel kulit, menyamarkan garis-garis halus, dan mengatasi hiperpigmentasi.

Kandungan ini juga ampuh untuk meningkatkan elastisitas kulit yang bikin kamu terlihat lebih awet muda.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait