Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Simak, Ini Tanda-Tanda Karakter Pasangan Kamu Toxic

Elga Nurmutia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Simak, Ini Tanda-Tanda Karakter Pasangan Kamu Toxic
Image: Ilustrasi Pasangan Kekasih (Pixabay/StockSnap)

Jakarta - Semua manusia yang ada di dunia ini lahir menjadi makhluk sosial. Dalam hal tersebut terlihat manusia memiliki hubungan dengan manusia lainnya. Karena, tidak mungkin manusia akan hidup sendiri tanpa orang lain. Lalu, dengan sedikit pengecualian, manusia juga ingin menjadi dekat secara emosional dan fisik satu sama lain.

Dalam kehidupan manusia, akan ada situasi dimana sekadar melakukan interaksi atau membutuhkan bantuan dari orang lain. Namun, tidak semua hubungan yang ada di kehidupan manusia ini selalu berjalan sehat. Bisa saja ada hubungan yang tidak sehat atau sering disebut toxic (beracun).

Secara spesifik hubungan pasangan dalam percintaan ini seharusnya bisa memiliki sebuah komitmen dalam menyayangi satu sama lain. Akan tetapi, hubungan dengan kekasih ini bisa menjadi toxic dengan beberapa sikap atau karakter yang dilakukan oleh pasangan. 

Baca Juga : Toxic Relationship Bisa Terjadi di Keluarga dan Pertemanan, Ini Cirinya!

Melansir dari pijarpsikologi.org, toxic relationship merupakan hubungan yang tidak menyenangkan bagi diri sendiri atau orang lain. Hubungan ini juga akan membuat seseorang merasa lebih buruk. Adapun ciri-ciri toxic relationship sebagai berikut: merasa tidak aman, ada kecemburuan, keegoisan, ketidakjujuran, sikap merendahkan, memberi komentar negatif, dan mengkritik.

Seseorang yang tengah terjebak dalam toxic relationship bisa menimbulkan konflik batin dalam dirinya. Konflik batin ini akan menuju pada amarah, depresi, atau kecemasan. Artinya, toxic relationship menyebabkan mereka yang terlibat di dalamnya kesulitan untuk hidup produktif dan sehat.

Berikut, tanda-tanda karakter pasangan kamu toxic yang telah dirangkum oleh Urbanasia dari HealthScope, Minggu (5/9/2021).

1. Sering Meremehkan Pasangan

Tipe individu yang toxic ini akan terus-menerus meremehkanmu. Ia juga akan mencela, pada dasarnya menyiratkan bahwa hampir semua yang kamu katakan terkait mengekspresikan ide, keyakinan, atau keinginanmu itu adalah konyol atau bodoh. Bahkan, pasangan toxic ini tidak ragu meremehkan Anda di depan umum, teman-teman dan juga keluarga. 

Meskipun kamu memintanya untuk berhenti, pasangan toxic ini bisa saja mengatakan bahwa itu hanya candaan. Jika hal ini ditoleransi cukup lama, bisa saja kamu mulai percaya dirimu tidak dapat membuat keputusan yang baik. 

Baca Juga : Ciri Toxic Relationship dan Cara Agar Tak Terjebak Lebih Dalam

2. Pasangan  Berwatak Buruk (Bad Temper)

Tipe pasangan yang kasar secara emosional ini jarang menunjukkan sisi dirinya kepada dunia luar. Tidak ada orang lain yang akan menyebut hubungan itu toxic, artinya dia sering dianggap sebagai orang yang menyenangkan dan juga santai karena hampir disukai semua orang.

Jika kamu menghadapi pasangan dengan watak buruk, dan mereka hampir selalu menyalahkanmu. Hal tersebut juga menjadi salah satu pasangan kamu itu memiliki karakter toxic.

3. Pemicu Rasa Bersalah

Sebuah toxic relationship tentu saja, dapat terjadi tidak hanya antara dua individu dalam hubungan yang memiliki komitmen. Misalnya, sepasang kekasih dalam hubungan percintaan. Kontrol dalam hubungan ini, serta dalam hubungan berkomitmen, dilakukan dengan mendorong rasa bersalah pada "korban". Seperti semua perilaku toxic, perasaan bersalah dibuat untuk mengendalikan perilaku kamu sehingga pasangan toxic yang satu ini mendapatkan apa yang dia inginkan.

Baca Juga : Psikolog Ungkap Alasan Wanita Lebih Rentan Terkena Toxic Relationship

4. Deflektor

Saat menceritakan kesedihan atau marah mengenai sesuatu yang pasangan toxic perbuat. Ia malah mencari cara untuk menyalahkanmu kembali. Hal ini akan memperburuk situasi kamu dalam hubungan tersebut, karena kamu jadi disalahkan oleh pasangan.

5. Over Dependent

Pasanganmu menjadi sangat pasif sehingga kamu harus membuat sebagian besar keputusan untuk mereka. Dalam kejadian ini mungkin saja kamu mengalami kecemasan yang terus menerus dikarenakan khawatir tentang dampak dari keputusanmu pada pasangan. Jika ia selalu menerima keputusanmu tidak baik juga untuk hubungan kedepannya. Karena, kita tidak tahu kapan akan membuat keputusan yang salah atau benar

6. Sangat Mengontrol

Tipe pasangan ini kebalikan dari over dependent yang selalu mengiyakan pasangannya. Ia menganggap pasangan ini tidak bisa mengambil keputusan. Dalam hal ini pasangan bisa sangat mengontrol apa urusan yang akan kamu lakukan. Pasangan toxic ini juga jarang menepati komitmennya. 

7. Hanya Memanfaatkan (User)

Awalnya, user ini kerap kali terlihat baik, sopan dan juga menyenangkan. Namun, itu semua hanya untuk mendapatkan keinginan mereka. Ia tidak memedulikan kamu, akan tetapi akan menjadi baik ketika ada hal yang diinginkannnya. Sebaliknya, jika tidak bisa terpenuhi akan meninggalkanmu begitu saja. 

8. Posesif

Tipe pasangan ini memiliki kecemburuan yang berlebih. Orang-orang toxic ini akan menjadi semakin curiga dan mengendalikan seiring berjalannya waktu. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait