Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Singapura Berencana Izinkan WNI Masuk Tanpa Perlu Karantina

Gagas Yoga Pratomo,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Singapura Berencana Izinkan WNI Masuk Tanpa Perlu Karantina
Image: Ilustrasi memegang tiket penerbangan (Pixabay/JoshuaWoroniecki)

Jakarta - Pemerintah Singapura berencana untuk mulai membuka akses skema Jalur Perjalanan Vaksin (VTL) kepada pendatang asal Indonesia, 29 November mendatang. 

Pengaturan perjalanan menggunakan skema VTL tersebut dibahas oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan pada pertemuan di Singapura. 

“Menlu Singapura menyampaikan bahwa pemberlakuan VTL unilateral oleh Singapura antara lain didasarkan pada kepercayaan terhadap sistem (trust), terus membaiknya situasi COVID-19 di Indonesia, serta semakin tingginya tingkat vaksinasi,” kata Menlu RI setelah pertemuan tersebut, seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/11/2021).

Lebih lanjut, Menlu Retno juga menjelaskan bahwa pemberlakukan VTL unilateral Singapura nantinya akan menggunakan penerbangan tertentu untuk terus menjaga kesehatan. 

Bahkan, dengan perjalanan menggunakan skema VTL, para pelaku perjalanan dari Indonesia yang telah divaksin bisa masuk ke Singapura hanya dengan menunjukkan hasil Swab PCR negatif dan melakukan tes COVID-19 setelah tiba di Singapura, tanpa perlu melakukan karantina. 

Meskipun begitu, skema VTL ini memiliki kuota sebanyak 10 ribu orang per hari bagi pendatang dari semua negara yang telah memperoleh VTL. Selain itu, pelaku perjalanan masih harus meminta izin masuk terlebih dahulu pada pemerintah Singapura sebelum melakukan perjalanan. 

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) bisa mengajukan aplikasi izin masuk ke Singapura pada 22 November 2021. 

Bukan hanya dengan Indonesia, Singapura juga akan menjalin VTL dengan India mulai 29 November, kemudian dengan Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) mulai 6 Desember nanti. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait