Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Sinopsis Film 'Cinta Bete', Kisah Perempuan Atambua yang Terikat Adat

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sinopsis Film 'Cinta Bete', Kisah Perempuan Atambua yang Terikat Adat
Image: Film Cinta Bete. (Instagram @cintabete)

Jakarta - Salah satu film yang masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia 2021 adalah 'Cinta Bete'. Seperti apa sinopsisnya?

'Cinta Bete' adalah film produksi Inno Maleo Films yang berkisah tentang perempuan Atambua bernama Bete Kaebauk. Untuk proses syutingnya juga dilakukan di Atambua, NTT.

Film ini dibintangi oleh Hana Malasan, Marthino Lio, Otig Pakis, Djenar Maesa Ayu Sjuman, Yoga Pratama, Daniella Tumiwa, Adam Farrel, dan Jordhany Agonzaga.

Film 'Cinta Bete' masuk ke dalam nominasi Film Cerita Panjang Terbaik. Baik sutradara, penulis naskah, juga pemain filmnya ikut masuk dalam nominasi FFI untuk memperebutkan Piala Citra.

Sinopsis Cinta Bete

'Cinta Bete' mengisahkan perempuan Atambua bernama Bete Kaebauk yang hidupnya terikat dengan budaya Belu Atambua.

Sejak remaja, Bete menyukai teman sekolahnya yang bernama Emilio. Sayang cinta monyet itu kandas karena Emilio memilih masuk sekolah seminari.

Bete yang sudah dewasa kemudian bertemu dengan Elfredo, pria yang membuatnya merasa bisa bebas dari kehidupannya yang terikat adat. Dua sejoli yang saling jatuh cinta ini memutuskan untuk menikah.

Elfredo datang ke keluarga Bete untuk melamar gadis pujaannya itu. Karena perbedaan kelas sosial, lamaran Elfredo ditolak karena dirinya tidak bisa memenuhi sistem mahar, yang disebut belis, yang sudah ditentukan. 

Bete memutuskan kawin lari dengan Elfredo. Namun kehidupan cinta penuh kasih yang diimpikan Bete tidak terwujud. Bersama dengan Elfredo, dirinya justru mendapat perlakuan kekerasan yang membuat anak dalam kandungannya meninggal.

Hal itu membuat Bete sakit ingatan. Emilio yang kembali ke kampung halamannya memutuskan menolong Bete setelah mendengar apa yang terjadi pada gadis yang disukainya dulu. 

Pergulatan rasa cinta sebagai manusia, keteguhan hati akan pilihannya melayani Tuhan, dan kepedulian terhadap perempuan yang dekat di hatinya, akankah berakhir bahagia?

Penasaran seperti apa film 'Cinta Bete'? Urbanreaders bisa menyaksikan film ini di bioskop mulai tanggal 18 November 2021.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait