menu
user
URtrending

Sosok Rosana Albertina Labobar, Polwan Pengungkap Ladang Ganja di Sumut

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sosok Rosana Albertina Labobar, Polwan Pengungkap Ladang Ganja di Sumut
Image: Kompol Rosana Albertina Labobar, Wakasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. (Instagram @rosanalabobar)

Jakarta - Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat belum lama ini membongkar jaringan pengedar ganja jaringan Sumatera.

Dalam pengungkapan itu, polisi berhasil menyita ladang ganja seluas 12 hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara dengan total 144,5 ton ganja.

Menariknya, di balik kesuksesan Tim Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat ada peran seorang polisi wanita di baliknya. Ia adalah Kompol Rosana Albertina Labobar, Wakasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat.

1615555029-Kompol-Ocha-3.jpgSumber: Kompol Rosana Albertina Labobar, Wakasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. (Instagram @rosanalabobar)

Wanita yang akrab disapa Kompol Ocha ternyata sudah cukup lama dikenal sebagai polwan yang berprestasi.

Bahkan, lulusan Akademi Kepolisian tahun 2007 ini sering terlibat dalam pengungkapan kasus-kasus besar. Salah satunya pembongkaran sindikat narkoba internasional pada September 2016.

Saat itu, Ocha yang masih bertugas di Direktorat IV Bareskrim Polri berhasil mengungkap penyelundupan 135 kg sabu di Dadap, Tangerang. Ia menjadi satu-satunya polwan yang tergabung dalam aksi pengungkapan itu loh.

Setahun kemudian, lagi-lagi Ocha menjadi satu-satunya polwan dalam tim yang berhasil membongkar penyelundupan satu ton sabu di Dermaga Hotel Mandalika Anyer Serang Banten. Dalam pengungkapan Juli 2017 itu, ia menjabat Wakil Kepala Satuan (Wakasat) Narkoba Polres Depok.

1615555052-Kompol-Ocha.jpgSumber: Kompol Rosana Albertina Labobar, Wakasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. (Instagram @rosanalabobar)

Keberhasilannya itu pun mengantarkan dia mendapat penghargaan berupa Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Ia yang awalnya berpangkat AKP kemudian naik menjadi Kompol (Komisaris Polisi). Ocha juga menjadi satu dari tiga polwan yang berhasil menangkap Miryam S Haryani, politisi Hanura yang terjerat kasus korupsi e-KTP.

Bahkan beberapa tahun belakangan, Ocha yang sempat menjabat sebagai Kanit 5 Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya kerap terlibat dalam pengungkapan kasus narkoba yang menjerat artis Tanah Air.

Seperti misalnya Jennifer Dunn dan Septyan Arochman, pedangdut yang tenar lewat ajang penjarian bakat D'Academy.

Terbaru, Ocha bersama tim di Satresnarkoba Polres Jakarta Barat berhasil menangkap 9 tersangka dalam pengungkapan 114,5 ton ganja dari ladang seluas 12 hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Dalam pengungkapannya kali ini, Ocha dan tim kabarnya harus menempuh perjalanan yang cukup panjang yaitu selama tiga hari loh. Kabarnya, kondisi jalan yang terjal dan cuaca kurang mendukung jadi salah satu kendala yang dialami tim. 

Wah, keren banget ya guys. Selamat untuk Kompol Ocha dan tim!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait