beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Spesifikasi Genesis G80, Mobil Resmi KTT G20 yang Dijajal Jokowi

Anisa Kurniasih,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Spesifikasi Genesis G80, Mobil Resmi KTT G20 yang Dijajal Jokowi
Image: Hyundai Genesis yang menjadi kendaraan resmi KTT G20 akan hadir di PEVS 2022. (Sekretariat Kabinet)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan menjajal mobil listrik Genesis G80 di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Rabu (8/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mencoba mobil yang rencananya akan menjadi kendaraan resmi para pemimpin berbagai negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Bali, November 2022.

Selepas mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani di Kota Semarang, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Batang.

Setelah keluar Gerbang Tol Gringsing, Batang, Presiden dan Ibu Iriana kemudian berganti kendaraan dengan mobil bertenaga listrik lalu meninjau proyek KCC Glass di KITB.

“Saya kira halus, enggak ada suaranya," ujar Presiden dalam keterangannya di kawasan proyek KCC Glass mengutip Antara.

Terkait mobil listrik yang direncanakan sebagai kendaraan resmi para pemimpin negara G20 di KTT G20, Presiden Jokowi pernah mengungkapkannya saat bertemu Ketua Majelis Nasional Republik Korea, Park Byeong Seug, di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Minggu (20/3/2022).

"Minggu ini saya menghadiri peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ 5 menandai dimulainya produksi mobil listrik di Indonesia. Sementara mobil listrik Hyundai lainnya Genesis G80 akan menjadi mobil resmi KTT G20 sebagai showcase kerja sama RI-Korsel," jelas Presiden saat itu.

Seperti diketahui, Genesis adalah merek otomotif mewah global dari Hyundai Motor Group yang memberikan standar tinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan inovasi. Beberapa model Genesis antara lain G90, G80, G70, GV60, GV70, dan GV80.

Mobil Genesis G80 dibekali baterai litium-ion berkapasitas 87,2 kWh dengan daya 272 kW atau setara 200 tk dan torsi 700 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda dengan sistem penggerak e-AWD.

Mobil ini memiliki 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang. Sehingga, mobil ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD. Masing-masing motor listrik memiliki tenaga 185 Ps.

Ketika ditotalkan, mobil ini memiliki tenaga sekitar 370 Ps. Sebuah angka yang signifika besarnya. Lebih impresif lagi adalah figur torsinya. Karena, masing-masing motor listrik bisa menghasilkan torsi 350 Nm.

Genesis G80 Electrified bisa menempuh jarak hingga 427 Km. Jarak ini bisa ditempuh karena beberapa hal, seperti kapasitas baterai, kemampuan regenerative braking, serta panel surya pada atap mobil. Panel surya ini sanggup mengisi daya baterai voltase tinggi dan voltase rendah sehingga bisa menambah jarak tempuh dan mencegah baterai habis total.

Uniknya, Genesis G80 Electrified memiliki fitur V2L (Vehicle-to-Load) yang artinya mobil bisa memberikan daya 220V kepada alat listrik lain. Bahkan, mobil ini bisa mengisi daya kendaraan listrik lain yang lebih kecil, misalnya motor listrik.

Sebagai kendaraan mewah jangan heran kalau G80 dibanderol di atas setengah miliar. Dalam laman Badan Pendapatan Daerah Pemprov DKI Jakarta tertera informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Genesis G80 EV AWD dibanderol Rp 630 juta. Tentu saja harga tersebut belum ditambah pajak lain alias off the road.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait