URsport

Jokowi Jamin Israel Ikut Piala Dunia U-20 Tak Pengaruhi Dukungan untuk Palestina

Urbanasia, Selasa, 28 Maret 2023 20.34 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi Jamin Israel Ikut Piala Dunia U-20 Tak Pengaruhi Dukungan untuk Palestina
Image: Presiden Joko Widodo. (Istimewa)

Jakarta - Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara terkait polemik penolakan terhadap Timnas Israel untuk berlaga dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia. 

Dalam video yang disiarkan Sekretariat Kabinet, Selasa (28/3/2023), Jokowi mengatakan bahwa saat terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Indonesia belum mengetahui siapa yang akan menjadi peserta. 

Adapun kepastian Timnas Israel lolos dan berhak berlaga dalam ajang sepak bola junior ini baru diketahui pada bulan Juli 2022. 

Terkait hal ini, Jokowi menjamin ikut sertanya Israel dalam ajang yang diselenggarakan di Indonesia tidak akan mengubah dukungan untuk kemerdekaan bangsa Palestina. 

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi, posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dan mengakhiri konflik Palestina-Israel merupakan prinsip Indonesia. 

Indonesia, kata Jokowi juga konsisten menyuarakan ‘Two State Solution’ dalam menyelesaikan permasalahan Palestina-Israel.

Sementara terkait Piala Dunia U-20, Jokowi mengaku sepakat dengan Duta Besar Palestina yang mengatakan bahwa FIFA memiliki aturan tersendiri yang harus ditaati. 

“Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik,” tegas Jokowi. 

Lebih jauh, Jokowi juga mengungkap bahwa FIFA kini sudah mengetahui adanya penolakan dari berbagai pihak terhadap keikutsertaan Timnas Israel. 

Namun, kata Jokowi, Pemerintah bersama PSSI saat ini sedang mengupayakan solusi terbaik untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. 

“Untuk itu saya telah mengutus Ketum PSSI Bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan Tim FIFA untuk mencari solusi yang terbaik,” pungkas Jokowi. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sekretariat Kabinet (@sekretariat.kabinet)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait