beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Piala Presiden Esports 2022 Segera Dimulai, Moeldoko: Sarana Kembangkan Atlet

Ahmad Sidik, 5 Agustus 2022 00.06.08
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Piala Presiden Esports 2022 Segera Dimulai, Moeldoko: Sarana Kembangkan Atlet
Image: Press Conference Piala Presiden Esport 2022 (Foto: Antara)

Jakarta - Untuk mengembangkan ekosistem dan industri esport nasional, pemerintah akan menggelar kembali kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports (PPE) 2022 dalam waktu dekat.

Kepala Staf Kepresidenan RI Jend. TNI (Purn) Moeldoko mengatakan penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 menjadi pembuktian bahwa talenta-talenta esports Indonesia siap untuk berkompetisi dan meraih prestasi lebih tinggi lagi di panggung dunia.

"Sebagaimana kita ketahui bersama pemerintah memiliki semangat yang kuat dalam memajukan esport. Piala Presiden Esports ini menjadi ajang keempat kita sejak perdana diselenggarakan pada 2019 lalu. Ini adalah upaya pembangunan esport, pembinaan talenta berjenjang sehingga dapat sukses di tingkat nasional dan global," kata Moeldoko, mengutip laman Antara, Kamis (4/8/2022).

Penyelenggaraan PPE 2022 ini, kata Moeldoko, diharapkan dapat memberi dampak ekonomi terhadap pengembang gim lokal setelah pada edisi 2021 turnamen yang digagas Presiden RI Joko Widodo itu menghadirkan dua gim nasional karya anak bangsa.

Untuk diketahui, perhelatan esports yang diinisiasi oleh Kantor Staf Presiden (KSP) ini juga melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga lainnya, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan PB Esports Indonesia (PBESI).

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Dr. Raden Isnanta mengatakan bahwa perkembangan dan kemajuan esport luar biasa dari tahun ke tahun. Bahkan, dia menyebut esport "seperti jamur di musim hujan," yang dengan cepat disambut oleh beberapa pihak.

Lebih lanjut, Raden mengapresiasi PB ESI yang telah memberikan wadah kompetisi, juga KONI yang terus menggelar pembinaan dari tingkat daerah dan nasional, bahkan bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menuju ajang multievent internasional.

"Kemenpora mendukung penuh untuk event ini terus bergulir sehingga kematangan dan kebolehan pemain semakin teruji," ujar Raden.

Sementara Ketua Sekjen KONI TB Ade Lukman, mengatakan bahwa kompetisi piala Presiden Esports menjadi sangat penting untuk menjaring dan menyaring atlet-atlet terbaik Indonesia.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi terbesar di Asia Tenggara yang terbukti dengan keberhasilan kontingen esport dalam SEA Games Vietnam lalu, sehingga yang diperlukan adalah menjaring secara massive dan terstruktur dalam suatu kompetisi yang berkualitas.

"Kompetisi sendiri menjadi penting untuk menguji kemampuan para atlet di Tanah Air, ekosistem bersaing untuk berkompetisi menjadi juara sangat dibutuhkan untuk melahirkan atlet-atlet sekelas dunia. Oleh karenanya, keberadaan Piala Presiden Esports yang bergulir setiap tahun menjadi sangat penting dalam pembinaan olahraga prestasi," terang Ade.

Oleh karenanya, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Komjen Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H optimistis bahwa Piala Presiden Esports dapat menjadi wadah unjuk bakat dari para talenta esports Tanah Air.

Selain itu, dia meyakini kerjasama lintas sektor yang dijalani, menjadi bukti bahwa Piala Presiden Esports 2022 adalah upaya Pemerintah RI untuk menguatkan sistem keolahragaan Indonesia, khususnya di bidang esports.

"Kalau kita lihat dalam era industri 4.0 dan pandemi COVID-19 ternyata berpengaruh pada industri digital di mana pemain gim di Indonesia mencapai 118 juta orang, pemain esport sendiri sudah mencapai 44,2 juta orang, sehingga potensi ini tentunya harus dikelola dengan baik, semua sumber daya harus bekerjasama," tutur Bambang.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Piala Presiden Esports tahun ini akan mempertemukan atlet pro maupun amatir untuk bertanding secara kompetitif di tingkat nasional sehingga dapat meningkatkan kemampuan masing-masing atlet maupun tim.

Mereka akan memperebutkan gelar juara sekaligus kesempatan untuk mengikuti turnamen esport skala internasional IESF World Championship 2022 di Bali pada Desember.

Dengan mengusung tema "Beyonderfull", Piala Presiden Esports 2022 akan dibuka dengan kick off pada 10 Agustus, yang akan dilanjutkan dengan serangkaian kualifikasi.

Diketahui turnamen akan diselenggarakan secara hybrid, mengkombinasikan sistem daring dan luring, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait