menu
user
URnews

Sri Mulyani Curhat Tiap Hari Dapat SMS Tawaran Pinjaman Online

Anisa Kurniasih,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sri Mulyani Curhat Tiap Hari Dapat SMS Tawaran Pinjaman Online
Image: Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati. (Instagram @smindrawati)

Jakarta - SMS pinjaman online yang kerap masuk ke nomor handphone memang terkadang mengganggu sebagian orang. Hal tersebut juga rupanya dirasakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani loh, guys.

Penawaran dana cepat dengan sejumlah jaminan yang setiap hari dia terima pun membuatnya kesal. Sri Mulyani bahkan harus menghapus nomor-nomor yang tidak dikenal dari ponselnya.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

"Sekarang banyak yang tawarkan, Anda butuh dana cepat? Itu HP saya tiap hari harus hapus-hapus kayak gitu. Anda butuh Rp 1 juta, Rp 5 juta, kalau kamu punya BPKB rumah, jaminan dan sebagainya,” ujar Sri dalam webinar Indonesia Data and Economic Conference 2021 di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Namun, Sri Mulyani melihat fenomena itu sebagai dua sisi mata uang. Yang pertama, karena adanya kemajuan teknologi sehingga memudahkan masyarakat mendapat pinjaman dana. 

Kemudian dia juga mengingatkan agar masyarakat mewaspadai fintech ilegal. Jika tidak, fintech ilegal ini akan berdampak buruk ke depannya.

Ia pun meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengedukasi masyarakat tentang hal ini. Masyarakat harus tahu mana produk keuangan yang terdaftar di OJK dan mana yang tidak.

"Fintech sekarang sudah muncul seperti tengkulak coming to your handphone," kata Sri Mulyani.

Menkeu mengakui, kehadiran fintech juga meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Yaitu dengan memberi layanan pada kelompok masyarakat yang selama ini tak bisa menjangkau perbankan.

"Sebagai pembuat kebijakan, tentunya saya harus menerima perkembangan dan kemajuan tersebut. Saya sangat humble, even though saya sudah lama jadi Menteri Keuangan. Kita akan perbaiki ekosistem keuangan kita seiring perkembangan, saya humble dengan fenomena ini," terangnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait