Jakarta - Dalam berhubungan dengan orang lain, pastilah kita mengharapkan sesuatu yang timbal balik dari pasangan. Mulai dari perhatian, kasih sayang, cinta, maupun kepedulian. 

Pemenuhan atas ekspektasi ini bisa ikut menentukan apakah hubungan akan berjalan semanis madu atau malah sesuram awan yang mendung.

Tapi, baik buruknya sebuah hubungan nggak hanya bergantung pada ekspektasi yang terpenuhi, guys. Justru, ada beberapa ekspektasi yang sebaiknya dihindari, karena akan membahayakan hubungan kamu dan pasangan. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Mencari Kesempurnaan

1604972262-ekspektasi-pada-pasangan2.jpgSumber: Freepik

Setiap orang pasti punya sosok ideal pasangan yang dianggapnya sempurna. Kesempurnaan yang dikejar, baik dari sisi fisik, karakter, materi dan lain sebagainya, justru bisa bikin kamu dan pasangan nggak bahagia, guys. 

Faktanya, kamu nggak akan pernah bisa mengubah pasanganmu menjadi orang yang bukan dirinya. Karena itu, bukanlah kesempurnaan yang seharusnya dicari, melainkan mengusahakan pengertian, sikap menghargai pasangan, dan menerima pasangan apa adanya.

2. Berharap Pasangan Seperti Pasangan Orang Lain

1604972254-ekspektasi-pada-pasangan3.jpgSumber: Freepik

“Kok kamu nggak bisa kayak pacarnya si A sih?” atau “Kalau istrinya A gini, loh!” atau “Suaminya B sekarang udah jadi bos, kamu kapan?”

Di zaman media sosial seperti sekarang ini, kamu bakal dengan mudah terpengaruh pada unggahan orang lain yang dianggap sebagai kesuksesan seperti harta, kemewahan, relationship goal, body goal, dan lain-lain. 

Sehingga, tanpa disadari, kamu telah menjadikan kesuksesan orang lain sebagai standar kesuksesan diri sendiri. Kebiasaan ini hanya akan menimbulkan ketidakpuasan yang terus menerus pada pasangan dan lupa untuk mensyukuri apa yang telah kamu miliki.

3. Mengandalkan Pasangan untuk Segala Urusan

1604972294-ekspektasi-pada-pasangan4.jpgSumber: Freepik

Mentang-mentang sudah punya pacar atau pasangan hidup, rasa berjuang dalam hidup seakan sudah cukup. Kebiasaan mengandalkan pasangan untuk menyelesaikan segala urusan, juga bisa membebani pasangan, loh. 

Meski telah menjalin hubungan, tidak lalu secara otomatis tanggung jawabmu diemban oleh pasanganmu. Jadi, stop menyalahkan pasangan kalau kamu nggak bahagia dengan hidupmu.

4. Mendapatkan Semua yang Diinginkan

1604972271-ekspektasi-pada-pasangan5.jpgSumber: Freepik

Dalam berhubungan, selalu ada pengorbanan dan kompromi. Jadi, kalau sudah menjalin sebuah komitmen, jangan harap bahwa keinginanmu selalu yang utama.

Yang perlu dilakukan adalah menyeimbangkan sejauh mana kamu dan pasangan berkorban dan berkompromi demi masa depan hubungan.

5. Hubungan yang Indah Bak Dongeng

1604972284-ekspektasi-pada-pasangan6.jpgSumber: Freepik

Cerita cinta di film atau kisah asmara dalam dongeng, seringkali dipercaya sebagai gambaran ideal sebuah perjalam setiap kisahnya, masalah pasti akan terselesaikan dengan mudah, cerita cinta akan berakhir bahagia, atau kamu dan dia akan hidup bahagia selama-lamanya. 

Sayangnya, semua hal tersebut seringnya nggak terjadi dalam kehidupan nyata, guys. Karena itu, bolehlah berfantasi, tapi jangan mudah kecewa kalau ternyata hidup tak semudah dan seindah cerita dongeng. Kamu dan pasanganlah yang akan menulis jalannya cerita cinta kalian.

Komentar
paper plane