Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Struktur Organisasi Anggota BPUPKI dan Sejarahnya

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Struktur Organisasi Anggota BPUPKI dan Sejarahnya
Image: Suasana sidang pertama BPUPKI. (Dok. Kemendikbud)

Jakarta -  Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan dari kemerdekaan Indonesia. Lalu, siapa saja anggota BPUPKI?

BPUPKI ini terbentuk pada 29 April 1945 dan menjadi bukti atas janji kemerdekaan dari Koiso yang merupakan perdana menteri Jepang.

BPUPKI atau dalam bahasa Jepang dikenal Dokuritsu Junbi Cosakai ini tugasnya untuk menyusun hal-hal yang memiliki kaitan dengan persiapan kemerdekaan Indonesia. Sewaktu bertugas, BPUPKI berhasil dalam membuat rancangan dasar negara dan juga Undang-Undang Dasar dalam dua kali sidang resmi.

Adapun, tugas utama dari BPUPKI, yaitu menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia. Bukan hanya itu, termasuk dalam merencanakan organisasi pemerintah nasional yang akan menerima kemerdekaan dari pihak Jepang.

Sejarah BPUPKI

Pada 7 September 1944, perdana menteri Jepang Koiso dalam pidatonya menyampaikan yang berkaitan dengan kemerdekaan. Ia mengatakan, daerah-daerah laut selatan, termasuk Indonesia, akan diberikan kemerdekaan di kelak kemudian hari.

Ketika itu, bangsa Indonesia diizinkan untuk mengibarkan bendera merah putih berdampingan dengan bendera Jepang. Selain itu, mereka juga mengizinkan untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, selain sejumlah lagu Jepang.

Dalam meyakinkan janji kemerdekaan pada 29 April 1945, lalu dibentuk BPUPKI. Badan tersebut, memiliki anggota sebanyak 60 tokoh dari bangsa Indonesia dan sejumlah orang dari perwakilan Jepang.

Ketua dan Anggota dari BPUPKI

Ketua BPUPKI ini bernama K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, lalu wakilnya atau ketua muda adalah Icibangase, perwakilan dari Jepang. Berikut ini merupakan struktur organisasi dari BPUPKI:

1. Ketua : Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat

2. Ketua Muda : Icibangase

3. Sekretaris : R.P. Surono

4. Anggota : 60 orang Indonesia yang merupakan perwakilan dari seluruh wilayah Indonesia dan 7 orang Jepang tanpa hak suara.

Namun, ada berbagai versi terkait jumlah anggota BPUPKI. Adapun sejumlah sumber yang menyatakan anggota BPUPKI ini memiliki anggota sebanyak 62 orang, bahkan 64 orang. Sedangkan, mayoritas sumber sejarah menjelaskan anggota BPUPKI jumlahnya sekitar 60 orang.

Nah, itu dia informasi yang dapat Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait