beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Cina Luncurkan Vaksin COVID-19 Hirup

Izzah Putri Jurianto, 29 Oktober 2022 23.24.53
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cina Luncurkan Vaksin COVID-19 Hirup
Image: Vaksin Hirup COVID-19 inovasi Cina (Foto: Associated Press)

Jakarta – Untuk pertama kali di dunia, Cina meluncurkan sebuah inovasi terbaru vaksin COVID-19 yang dapat dihirup. Temuan ini diluncurkan dalam rangka meningkatkan perlindungan terhadap masyarakat sebelum pembatasan pandemi di negara Tirai Bambu itu dilonggarkan.

Vaksin COVID-19 temuan Cina ini dikemas dalam bentuk yang dapat dihirup, teknisnya hampir mirip inhaler untuk asma. Saat ini, vaksin yang dibuat oleh Cina ini tersedia gratis bagi warga Shanghai.

Awalnya, vaksin hirup ini diinisiasi sebuah perusahaan farmasi ternama di Cina, yakni CanSino Biologics. Vaksin aerosol dikemas dalam sebuah cangkir khusus yang nantinya akan dihirup oleh si penerima. Vaksin ini telah resmi berlaku sejak bulan September lalu, dan saat ini dilaporkan sedang dalam proses uji klinis di negara-negara lain seperti Malaysia, Pakistan, Hungaria, Argentina, dan Mexico.

Dalam prosedurnya, setelah menghirup vaksin, mereka harus menahan nafas sepanjang lima detik untuk memastikan vaksin benar-benar masuk ke dalam tubuh dengan sempurna. Menurut beberapa kesaksian warga setempat, vaksin hirup COVID-19 punya rasa manis, yang bahkan terasa seperti sedang minum teh susu.

Selain tujuan utamanya untuk melindungi masyarakat, vaksin hirup diciptakan untuk meningkatkan jumlah partisipasi. Artinya, pembuatan vaksin ini berangkat dari kesadaran bahwa masih banyak warga yang takut terhadap jarum suntik, sehingga muncullah gagasan vaksin hirup sebagai solusi alternatif. 

Vaksin ciptaan Cina ini bisa digunakan oleh penduduk usia 18 tahun ke atas. Meski metodenya mudah diterapkan, vaksinasi ini tidak dianjurkan bagi para pengidap gangguan pernapasan seperti asma, fibrosis paru obstruktif kronis, dan penyakit paru-paru akut.

Temuan cerdas ini tak hanya berhasil meningkatkan awareness, tapi juga mampu melindungi masyarakat. Mengingat bahwa dalam waktu yang dekat, kebijakan pembatasan pandemi akan dilonggarkan, sehingga khawatir penyebaran virus COVID-19 akan meningkat.

Namun dengan adanya vaksin hirup COVID-19, pemerintah Cina berharap bisa selangkah lebih maju dalam memajukan kesehatan rakyatnya, serta dapat menyebarkan manfaat bagi negara-negara lainnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait