menu
user
URstyle

Suka Minum Teh? Ini 5 Rekomendasi Kedai Teh di Jakarta

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Suka Minum Teh? Ini 5 Rekomendasi Kedai Teh di Jakarta
Image: Ilustrasi minum teh. (istimewa)

Jakarta - Beberapa tahun terakhir teh mulai digandrungi oleh milenial, bahkan keberadaan kedai teh di Indonesia mulai menjamur. 

Alasan teh menjadi daya tarik adalah manfaat yang didapat ketika menyeduhnya, seperti untuk diet, menyehatkan jantung, mencegah beberapa penyakit hingga meredam masalah pencernaan.

Selain itu, menyeduh teh juga bisa dilakukan kapan saja mulai dari pagi hingga malam hari. 

Nah, berikut Urbanasia merekomendasikan lima kedai teh di Jakarta yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Pantjoran Tea House

1615984245-Pancoran-tea.jpegSumber: Pantjoran Tea House. (Pantjoranteahouse.com)

Kedai pertama yang terkenal adalah Pantjoran Tea House yang terletak di Jalan Pancoran Raya, Glodok, Jakarta Barat. 

Dahulunya, kedai ini merupakan bangunan eks Apotheek Chung Hwa yang dibuka sekitar tahun 1928. Dan kini berubah menjadi Pantjoran Tea House, dengan arsitektur dinding putih susu, dengan elemen kayu di jendela dan pintu berornamen khas Cina.

Melansir dari situs resminya, dengan nuansa interior Tionghoa yang kental, orang kerap memanfaatkan ruang-ruang rumah teh ini menjadi lokasi syuting dan photoshoot program televisi, iklan, dan produk bernuansakan Cina.

Tidak sedikit pula yang melaksanakan sanjit, lamaran tradisional Tionghoa di sini. 

Menariknya, kedai teh ini masih menyimpan beberapa tradisi masa lalu. Salah satunya adalah tradisi patekoan. Patekoan memiliki dua suku kata yang aslinya terpisah, yaitu ’’pa’’ yang bermakna ’’delapan’’ dan ’’teiko’’ yang merujuk pada ’’teko’’.

Pengunjung yang datang biasanya bersantai sore dengan minum teh dan camilan ragam dimsum. Pilihan teh tersedia dari yang siap teguk sampai gongfu cha experience.

Pantjoran Tea House memang ingin merawat tradisi gongfu cha, yakni tata cara minum teh secara tradisional. Semua teh dipetik langsung dari Cina, Taiwan, dan Indonesia, dengan pilihan jenis teh hijau sampai dong ding.

Jika memilih gongfu cha, kamu bisa menjajal tradisi khas Tionghoa ini berbekal kertas manual, sambil dibantu tea specialist Pantjoran Tea House.

Selain itu, kamu bisa melihat dulu sang tea specialist menyeduh daun teh pilihannya dengan benar, baru kemudian mereka praktikkan sendiri.

Sebagai rumah bagi para penikmat teh, Pantjoran Tea House juga menjadi tempat edukasi tentang teh yang sejarahnya menjadi bagian dari kisah Pecinan di Jakarta.

2. House of Tea

1615984299-House-of-tea.jpgSumber: House of Tea. (Instagram @houseofteaid)

Meski terbilang tempat yang hidden, namun House of Tea terus didatangi pengunjung. Sebab, dengan mengandalkan Google Maps kamu bisa sampai di lokasi loh guys. Yups, House of Tea terletak di Jalan Poncol No 3B, Cilandak, Jakarta Selatan.

House of Tea menyajikan berbagai macam teh dengan teknik penyeduhan dan penyajian yang berbeda.

Bahkan ada pula teh dengan rona ungu alami. Jika kamu tertarik, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu menu tersebut. 

Banyak pengunjung yang merasa homey ketika berkunjung ke sini, ini karena suasana santai dan sifat ramah dari pemiliknya loh guys.

3. Lewis & Carroll Tea

1615984365-Lewis-&-Carroll-Tea.jpgSumber: Lewis & Carroll Tea. (Instagram @lewisandcarrolltea)

Urbanreaders kamu bisa mengunjungi Lewis & Carroll Tea yang terletak di Kebayoran Baru. Kamu bisa bersantai dan menikmati hidangan makan siang atau makan malam.

Meski tergolong sedikit mahal, namun tempatnya sangat cozy dan santai untuk kumpul bareng keluarga, teman atau pun meeting dengan rekan kerja.

4. GAIA - Indonesian Premium Tea

1615984492-GAIA---Indonesian-Premium-Tea.jpgSumber: GAIA - Indonesian Premium Tea. (Instagram @gaiateacakes)

GAIA lahir untuk menyediakan produk teh terbaik di Indonesia. Pemilik percaya bahwa banyak pilihan teh yang diproduksi di Tanah Air yang memiliki kualitas yang sangat baik, termasuk rasa, aromanya, dan khasiatnya bagi kesehatan termasuk yang terbaik di dunia. 

Terletak di West Mall Grand Indonesia LG 23-A Grand Indonesia Shopping Mall Jalan MH. Thamrin, kamu bisa mengunjungi untuk menikmati sensasi teh premium, guys.

5. TWG Tea

1615984520-TWG-Tea.jpgSumber: TWG Tea. (Instagram @twgteaid)

Melansir dari situs resminya, TWG Tea adalah singkatan dari The Wellbeing Group dan didirikan pada tahun 2008 di Singapura dan sebagai konsep mewah yang menggabungkan gerai ritel asli dan unik, ruang teh yang indah, dan jaringan distribusi internasional untuk para profesional.

Banyak menu yang ditawarkan, mukai dari teh hingga makanan manis. Namun, yang paling menjadi daya tarik adalah kaleng teh yang elegan, segudang gelas buatan tangan, porselen, periuk dan teko besi, cangkir teh porselen halus, piring, krim dan mangkuk gula, serta filter teh dan segala jenis sendok teh dapat ditemukan di Teh TWG koleksi aksesori. 

Sementara di Indonesia, kamu bisa mengunjungi TWG Tea di Plaza Senayan, Level 1 Unit 109A, Jalan Asia Afrika No 8, Senayan, Jakarta.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait