Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Tahun Baru Islam, Ini Amalan dan Niat Puasa Asyura di Bulan Muharram

Deandra Salsabila,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tahun Baru Islam, Ini Amalan dan Niat Puasa Asyura di Bulan Muharram
Image: Ilustrasi masjid (Pixabay/jpeter2)

Jakarta - Puasa Tasu’a dan Asyura merupakan ibadah sunnah yang dapat dikerjakan pada bulan Muharram. Puasa tersebut jatuh pada tanggal 9 dan 10 Muharram. 

Bulan Muharram adalah awal dari pergantian tahun Hijriah. Pada tahun ini, 1 Muharram 1443 H akan jatuh pada hari Selasa (10/8/2021).

Di bulan Muharram, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah, seperti puasa. Disebutkan juga dalam sebuah hadits jika puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Hadits ini berasal dari Abu Hurairah ra.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah shalat wajib adalah sholat malam." (HR. Muslim).

Di dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 3, Wahbah Az Zuhaili mengatakan, puasa Tasu'a disepakati oleh para ulama termasuk jenis ibadah Tathawwu' atau sunnah. Puasa ini dijalankan pada tanggal 9 Muharram.

Selain itu, puasa Asyura merupakan puasa yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. Puasa Asyura merupakan ibadah sunnah yang dapat menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Imam Muslim, Abu Qotadah Al Anshori mengatakan:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim).

Syekh Abdul Hamid pun dalam kitabnya menyebutkan jika terdapat 10 amalan yang dapat dilakukan saat bulan Muharram, yaitu:

- ziarah
- puasa asyura
- menjenguk orang sakit
- silaturahmi
- membuat celak mata
- mandi
- sedekah
- memotong kuku
- menambah nafkah keluarga
- membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali
- Namun, di antara seluruh amalan tersebut terdapat amalan yang paling dianjurkan yaitu puasa sebagaimana dikatakan Abu Huraira. 

Puasa yang dimaksud adalah puasa Tasu'a serta puasa Asyura yang bisa dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Dua jenis puasa tersebut hukumnya sunnah, dan dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang muslim.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait