Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Tak Ada Ronaldo, Portugal Tetap Menang Berkat Jota

Rezki Maulana,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tak Ada Ronaldo, Portugal Tetap Menang Berkat Jota
Image: Diogo Jota lagi-lagi tampil tajam untuk Portugal (Twitter @selecaoportugal)

Baku - Cristiano Ronaldo memang absen saat Portugal menghadapi Azerbaijan. Tapi, dengan Diogo Jota pun, A Selecao masih bisa menang 3-0. Top!

Ronaldo menjalani hukuman akumulasi kartu yang didapatnya saat Portugal mengalahkan Republik Irlandia pekan lalu. Ronaldo lantas balik langsung ke Manchester untuk persiapan debut dengan Manchester United.

Portugal masih harus melakoni matchday kelima Grup A yang dihelat di Olympic stadium, Baku, Selasa (7/9/2021) malam WIB, menghadapi Azerbaijan.

Mengandalkan Jota, Bernardo Silva, dan Andre Silva, Portugal masih terlalu tangguh untuk Azerbaijan. Ada total 22 attempts yang dibuat sepanjang 90 menit, dengan tujuh di antaranya on goal.

Meski demikian, Portugal harus menunggu hingga menit ke-26 untuk memecah kebuntuan.

Bruno Fernandes mengirimkan umpan lambung ke sisi kiri tiang jauh gawang Azerbaijan dan Bernardo menyambut dengan tendangan voli kaki kiri. Bola membentur tiang sebelum masuk jadi gol.

Unggul 1-0 membuat Portugal lebih nyaman menguasai laga. Di menit ke-31, Andre Silva mencatatkan namanya di papan skor.

Kali ini Jota yang menciptakan assist setelah dia menyentuh bola umpan lambung Fernandes ke sisi kanan. Si kulit bundar mengarah ke depan gawang kosong dan mudah saja disontek Andre Silva.

Portugal kemudian menurunkan tempo permainan sehingga Azerbaijan sempat memberikan perlawanan. Tapi, mereka kesulitan menciptakan peluang bersih di depan gawang Rui Patricio.

Pada menit ke-75, Jota akhirnya mencatatkan namanya di papan skor, setelah sebelumnya membuang dua peluang emas. Crossing Joao Cancelo dari sisi kanan ditanduk Jota ke gawang Sahruddin Mahammadaliyev.

Skor 3-0 bertahan hingga laga usai dan Portugal kukuh di puncak klasemen dengan 13 poin dari lima laga, unggul dua poin dari Serbia di posisi kedua yang berimbang 1-1 kontra Republik Irlandia.

Meski tak ada Ronaldo, Jota ternyata bisa diandalkan dengan satu gol dan satu assist. Musim ini, Jota sudah bikin tiga gol dan satu assist dari enam pertandingan untuk klub serta timnas.

Jota seharusnya bisa bikin gol lebih banyak andaikan finishingnya lebih baik. Sebab Jota adalah pemain dengan shot terbanyak di laga tersebut, yakni lima.

Total Diogo Jota sudah membuat delapan gol dari 21 caps. Ini adalah gol keempat Jota di Kualifikasi Piala Dunia 2022, cuma kalah dari Ronaldo.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait