beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Taksi Robot di Cina Mengaspal Tanpa Operator

Fitri Nursaniyah,
8 Agustus 2022 12.58.35 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Taksi Robot di Cina Mengaspal Tanpa Operator
Image: PIXABAY/MIkes-Photography

Jakarta - Baidu lewat layanan robo taksinya kini sedang menjalankan layanan taksi pertama di Cina tanpa operator pengemudi.

Dikutip dari endgadget, Senin (8/8/2022), Baidu telah mendapatkan izin untuk menjalankan layanan tersebut.

Hal ini mengantarkan Baidu sebagai perusahaan pertama di Cina yang mendapatkan izin menjalankan layanan taksi tanpa sopir dan operator.

Pada April lalu, Baidu menerima persetujuan untuk menjalankan layanan taksi otonom (mobil taksi yang bisa berjalan sendiri) di Beijing dengan operator manusia di kursi pengemudi atau kursi penumpang di depan.

Tapi, kini layanan ini bertransformasi lantaran hanya akan ada penumpang di dalam mobil, tanpa ada karyawan khusus yang duduk di kursi depan.

Kendaraan Apollo Go tanpa sopir akan mengangkut penumpang di sekitar zona yang ditentukan, yakni di Wuhan dan Chongqin, hanya pada siang hari.

Area layanan taksi tanpa sopir ini hanya mencakup 13 kilometer (Km) dari Zona Pengembangan Ekonomi & Teknologi (WHDZ) Wuhan dan 30 Km di Distrik Yongchuan Chongqing. Selama setahun terakhir, WHDZ sendiri telah dirombak untuk mendukung pengujian dan operasi AV.

Kata Baidu, robo taksinya memiliki step keamanan untuk mendukung fungsi inti mengemudi otonom. Mulai dari adanya pemantauan redundansi, kemampuan mengemudi jarak jauh, hingga sistem operasi keselamatan.

Ini adalah langkah maju dari Baidu yang menawarkan layanan taksi robot dalam skala besar.

Perusahaan Cina ini juga sudah menguji kendaraannya di Amerika Serikat selama beberapa tahun hingga bisa menjadi pesaing Waymo dan Cruise.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait