Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Tanda Kamu Alami Post Infidelity Disorder, Trauma Akibat Perselingkuhan

Putri Nur Aisyah,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tanda Kamu Alami Post Infidelity Disorder, Trauma Akibat Perselingkuhan
Image: Ilustrasi selingkuh (Freepik/wavebreakmedia)

Jakarta - Perselingkuhan seringkali menjadi salah satu pemicu rasa trauma dari beberapa orang yang mengalaminya. Trauma ini merupakan hasil dari Post Infidelity Stress Disorder (PISD) setelah seseorang mengalami korban perselingkuhan.

Melansir Perspectives Counseling, PISD merupakan suatu reaksi paralel dari Post Traumatic Stress Disorder atau PTSD. Meski perselingkuhan mungkin tidak mengancam pada kehidupan fisik seseorang, tetapi perselingkuhan juga dapat dimasukan dalam bentuk serangan dan ancaman terhadap kesejahteraan emosional seseorang.

Ada beberapa tanda ketika kamu mengalami PISD atau trauma karena perselingkuhan. Kamu harus mengenali gejala-gejala tersebut, karena jika dibiarkan, PISD akan menimbulkan rasa obsesi yang buruk pada diri kamu.

Apa saja ciri trauma karena perselingkuhan atau PISD? Berikut Urbanasia rangkum dari Perspectives Counseling:

1. Flashback berlebihan terhadap suatu ingatan

1635413580-emotional-young-woman-was-depressed-sofa.jpgIlustrasi gangguan pasca perselingkuhan. (Freepik)

Flashback berlebih timbul akibat gambaran yang terekam pada ingatan terkait segala kegiatan yang pernah dilalui. Terkadang seseorang yang mengalami PISD sering kali terpikir kegiatan yang dilakukan sebelum terjadinya perselingkuhan, dan hal tersebut kembali membuat orang tersebut merasakan sakit.

Trauma ini akan memberikan efek emosional kepada kamu yang mengalaminya. Kamu akan mudah terbanjiri ingatan-ingatan yang membuat kamu merasa “hancur”, sulit bernapas dan merasa bahwa diri kamu “gila”.

2. Sering bermimpi buruk

ilustrasi-trauma.jpgIlustrasi. (Pixabay)

Ketika kamu sering kali bermimpi buruk setelah mengalami perselingkuhan, hal tersebut mungkin adalah salah satu tanda trauma yang kamu alami. Hal ini termasuk dalam salah satu ciri orang yang mengalami PISD yaitu intrusi yang terjadi akibat ingatan buruk dari trauma perselingkuhan yang kamu alami.

Mimpi buruk ini terjadi ketika kamu terlalu sering memikirkan suatu sumber rasa sakit yang sedang kamu rasakan seperti perselingkuhan. Flashback berlebih yang dilakukan akan berpengaruh pada kualitas mimpi yang dialami oleh seseorang yang mengalami trauma.

3. Tidak bisa berpikir jernih

1591078511-trauma.jpgIlustraisi trauma. (Freepik)

Saat kamu mengalami PISD, terkadang kamu merasa tidak bisa berpikir dengan jernih. Hal itu disebabkan karena otakmu mengalami penghambatan pikiran, perasaan dan aktivitas. Sering kali kamu bahkan tidak bisa mengenali dirimu sendiri dan mengganggu aktivitas yang harus dilakukan.

Ketika kamu mengalami hal-hal seperti ini, kamu perlu melewati proses integrasi emosional, atau secara bertahap untuk pulih dari perasaan yang kamu alami.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait