beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Tanda Kulit Dehidrasi dan 3 Cara Mudah Mengatasinya

Kintan Lestari,
9 November 2022 16.40.54 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tanda Kulit Dehidrasi dan 3 Cara Mudah Mengatasinya
Image: Ilustrasi kulit dehidrasi. (Freepik)

Jakarta - Masalah kulit ada banyak jenisnya, salah satunya adalah kulit dehidrasi. Apa sih kulit dehidrasi itu?

Konsultan kedokteran umum dan dokter ahli estetika, Dr Ifeoma Ejikeme, mengungkap kulit dehidrasi adalah kulit yang kekurangan air.

"Kulit dehidrasi adalah kulit yang kekurangan air atau yang kemampuan untuk menahan airnya berkurang, dan bisa terasa kencang, kering dan, dalam kasus yang lebih parah, kamu bisa melihat kerak dan iritasi,” kata Ejikeme seperti dikutip dari Vogue, Senin (31/10/2022).

Pamela Marshall, ahli kecantikan klinis dan salah satu pendiri Mortar & Milk, mengatakan penting bagi kulit untuk terhidrasi dan tetap lembap dengan baik karena risiko untuk inflamasi seperti jerawat lebih kecil kemungkinannya untuk muncul. 

“Kulit yang mengalami dehidrasi akan mengirimkan pesan ke kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak sebum. Sebum berlebih ini masuk ke unit pilosebaceous, menyebabkannya membengkak dan meradang. Jaringan kapiler juga akan melebar ketika kulit mengalami dehidrasi yang menyebabkan kemerahan meningkat,” kata Marshall.

Terus kalau kulit menunjukkan gejala dehidrasi, bagaimana cara mengatasinya? Rupanya cara mengatasi kulit dehidrasi cukup mudah, bisa dengan 3 cara saja. Simak caranya di bawah ini!

1. Jaga Pola Makan

1649141274-Cukupi-asupan-makanan-(Freepikfreepic.diller).jpegSumber: makanan sehat (Freepik/freepic.diller)

Bicara dehidrasi, kita biasanya akan langsung berpikir untuk minum banyak air. Namun itu saja tidak cukup, kamu juga perlu makan-makanan yang mengandung lemak esensial yang sehat. Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan ikan berminyak memberi efek positif pada tingkat hidrasi kulit secara keseluruhan, serta tingkat dermal. Marshall juga menyarankan untuk mengonsumsi suplemen omega. 

2. Hati-hati dengan Bahan Aktif

Bahan aktif seperti AHA memang bisa mengatasi masalah kulit kusam, jerawat, dan tanda penuaan. Namun bahan tersebut rupanya bisa membuat kulit mengalami efek dehidrasi.

"Untuk kulit yang benar-benar terhidrasi, kita juga harus melihat bahan-bahan yang kita gunakan yang dapat menyebabkan dehidrasi (atau kehilangan air transepidermal). Kamu dapat menggunakan semua hidrasi di dunia, tetapi jika terlalu sering menggunakan bahan-bahan seperti asam alfa-hidroksi (AHA), kamu akan selalu mengalami efek dehidrasi," kata Marshall.

Itu juga berlaku dengan produk mengandung retinol. Bahan tersebut sangat baik untuk kulit, tetapi karena masih banyak yang salah pengaplikasiannya sehingga dapat merusak kesehatan kulit.

"(Bahan) aktif seperti sepotong kue, menyenangkan untuk dimiliki sesekali, tetapi bila digunakan setiap hari, mereka dapat merusak kesehatan kulit kamu. Ini tentang menemukan keseimbangan antara zat aktif, antioksidan, dan pelindung," tambah Marshall lagi.

Ejikeme menyarankan untuk mendengarkan kulitmu sendiri. Jika merasa dehidrasi atau sangat teriritasi, hentikan atau setidaknya kurangi pengelupasan kulit secara drastis, dan gunakan bahan yang membantu mengurangi kehilangan air transepidermal dengan memperkuat penghalang kulit, misalnya ceramide dan niacinamide, karena dapat membantu mendukung produksi kolagen dan fungsi skin barrier.

3. Masukkan Hidrators ke Skincare Routine

1598172066-tinted-moisturizer.jpgSumber: Ilustrasi pelembap wajah (Freepik)

Untuk mengatasi masalah dehidrasi kulit, kamu bisa menggunakan produk dengan hyaluronic acid. Kandungan satu ini dikenal dengan efek yang menghidrasi. Atau bisa juga pakai produk dengan kandungan gliserin.

“Gliserin sangat berperan sebagai faktor pelembab alami kulit. Ini murah tapi kita jarang mendengarnya karena dibayangi oleh asam hialuronat,” kata Ejikeme. 

Gliserin dapat ditemukan di sejumlah produk unggulan dan, sebagai molekul yang lebih kecil, memiliki kemampuan untuk menembus jauh lebih dalam ke dalam kulit daripada HA, serta membantu mencegah iritasi. Kandungan ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit dan non-comedogenic, sehingga yang berminyak dan berjerawat juga bisa menuai manfaatnya.

Itu tadi 3 cara mengatasi kulit dehidrasi. Ingat, pastikan kamu melakukan langkah di atas secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil terbaik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait