beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Pengguna TikTok Kini Bisa Atur FYP Sesuai Keinginan

Shinta Galih, 14 Juli 2022 00.43.43
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengguna TikTok Kini Bisa Atur FYP Sesuai Keinginan
Image: Ilustrasi TikTok. Sumber: Pixabay/antonbe

Jakarta - Selama ini apa yang muncul di For You Page (FYP) selalu ditentukan oleh algoritma, bukan oleh kita sendiri. Kabar baiknya mulai saat ini TikTok memungkinkan pengguna menyesuaikan konten yang mereka lihat di FYP sesuai keinginan.

TikTok baru saja merilis tingkat kontrol baru pada FYP. Ini memungkinkan pengguna dapat menentukan kata-kata atau tagar (tanda pagar) tertentu yang tidak ingin dilihat pada feed, dan aplikasi akan secara otomatis menyaringnya. 

Sebagai contoh, ketika kamu selesai merenovasi dan tidak ingin melihat video DIY lagi atau memutuskan tidak ingin melihat tutorial memasak menggunakan jenis makanan atau daging tertentu. 

Bersamaan dengan peluncuran ini, TikTok turut meluncurkan dua alat moderasi dan pemfilteran otomatis baru. Pertama, yang disebut Level Konten, memberi peringkat konten berdasarkan "kematangan tematik" dan dirancang untuk menjaga konten dewasa agar tidak ditampilkan kepada pengguna muda.

TikTok membandingkannya dengan sistem peringatan yang ditemukan di film atau video game. Upaya lain untuk mengidentifikasi video yang aman untuk kalangan tertentu tapi bermasalah secara massal — misalnya mode diet, konten terkait depresi, dan sejenisnya — dan hindari menampilkannya berulang kali kepada pengguna.

Kedua, filter hashtag, ini mirip dengan apa yang telah dilakukan beberapa platform sosial lainnya. Filter berbasis kata saat ini hanya melihat deskripsi video dan stiker berbasis teks. 

Namun di kemudian hari, secara teori mereka bisa jauh lebih kuat. Menurut TikTok, teks menjadi bagian inti layanan mereka guna membantu pengguna memahami konten videonya hanya dengan melihat transkrip. 

Untuk saat ini, pengguna mungkin hanya dapat memfilter kata satu per satu, tetapi karena machine learning dan model bahasa terus meningkat, fitur tersebut dapat dengan cepat menjadi lebih canggih. 

Fitur-fitur baru TikTok akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, kata perusahaan seperti dilansir dari The Verge.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait