beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Tidur Miring dan Tengkurap Bikin Kulit Keriput, Benarkah?

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tidur Miring dan Tengkurap Bikin Kulit Keriput, Benarkah?
Image: Ilustrasi tidur tengkurap. (Freepik)

Jakarta - Merawat kulit ternyata susah-susah gampang ya. Kayak sampai posisi tidur pun disebut-sebut mempengaruhi penampilan kulit.

Yap, ada yang bilang katanya kalau kita tidur dengan posisi miring atau bahkan tengkurap, maka kulit akan jadi keriput. Tapi ada juga yang bilang kalau itu mitos saja. Lantas, yang benar yang mana dong?

Rupanya yang dibilang mitos itu ternyata fakta, Urbanreaders. Posisi tidur merupakan salah satu faktor penyebab munculnya garis dan kerutan di permukaan kulit kamu.

"Itu tidak akan menyebabkan mereka sendirian, tetapi kondisi tidur ini dapat mempercepat dan memperparah kerutan di dada, leher, dan wajah," jelas dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Connecticut, Deanne Mraz Robinson, seperti dikutip Allure, Selasa (24/4/2022). 

Robinson mengatakan tidur dengan posisi meringkuk terus-menerus akan membuat kulit kendur seiring waktu. Menurutnya kondisi kulit itu sering terlihat di dada orang dewasa tetapi jarang pada anak-anak. 

Selain kerutan, tidur miring juga dapat berdampak pada perubahan kulit lainnya, seperti kehilangan volume yang lebih banyak pada sisi wajah kamu biasa tidur. 

"Hampir setiap dermatologi dapat mengidentifikasi sisi mana seseorang tidur ketika mereka datang untuk filler," kata dokter kulit bersertifikat Dhaval Bhanusali. 

Lalu harus gimana dong tidurnya biar kulit nggak keriput? Para dermatologis rupanya sepakat bahwa posisi tidur terbaik adalah tidur telentang.

"Cara paling ramah untuk kulit, tidur telentang dengan kepala menghadap ke luar pasti akan mengurangi risiko mengembangkan masalah kulit terkait tidur ke tingkat terbesar," kata Dr. Maiman.

Robinson juga merekomendasikan berbaring telentang, meskipun masih sulit menemukan tingkat yang sempurna karena terkadang posisi tidurnya terlalu datar atau tidak tersangga dengan baik.

"Mengangkat terlalu tinggi dapat menyebabkan dagu turun dan leher mengerut, sementara terlalu datar dapat menyebabkan bangun dengan mata bengkak dari akumulasi cairan dan getah bening di tubuh bagian atas," katanya.

Nah, Urbanreaders, meski sulit menemukan posisi tidur telentang yang pas, namun itu lebih baik dibanding tidur dengan posisi miring atau bahkan tengkurap. Jadi kalau kamu nggak ingin muncul kerutan di usia muda, hindari tidur dengan posisis tersebut ya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait