menu
user
URtech

Tips agar Baterai HP Tahan Lama

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips agar Baterai HP Tahan Lama
Image: Samsung Galaxy M02 (Samsung)

Jakarta - Sejatinya handphone (Hp) dengan baterai 5.000 mAh seperti Galaxy M02 sudah dapat menunjang keseharian. Tapi jika aktivitas mobile lumayan padat akan lain cerita.

Apa lagi power bank lupa terbawa dan tidak sempat bila harus mampir coffee shop untuk men-charging. Kalau sudah begitu perlu cara untuk bikin baterai Hp tahan lama agar tidak mengganggu aktivitas.

Nah, coba simak 4 tips dari Samsung untuk membuat Hp seperti Galaxy M02 yang punya baterai 5.000 mAh bebas lowbat.

1. Aktifkan Power Mode

1613876773-Samsung-Galaxy-M02-(2).jpgSumber: Samsung Galaxy M02 (Samsung)

Terdapat tiga mode  yang dapat mengatur daya baterai sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu, Optimized, Medium Power Saving dan Maximum Power Saving. 

Melalui One UI Core 2.5 pada Galaxy M02,  tiga pilihan Power Mode diatas bisa diakses dengan cara masuk ke menu Setting, lalu pilih menu Device Care, kemudian pilih menu Battery.

Dengan memilih Medium dan Maximum Power Saving, maka secara otomatis resolusi dan kecerahan layar akan dikurangi agar konsumsi baterai tidak terlalu boros. Kecepatan prosesor juga dikurangi dan fitur always on display akan dinonaktifkan. 

Jika baterai dirasa masih boros, maka kalian bisa memilih Maximum Power Saving yang akan menonaktifkan beragam fitur, seperti Fingerprint Sensor dan membatasi aplikasi yang bisa dijalankan.

2. Atur Kecerahan Layar dan Aktifkan Dark Mode

Kecerahan pada layar tentunya memengaruhi kapasitas baterai pada smartphone. Dengan mengurangi kecerahan layar kurang dari 30%, kamu dapat memiliki daya baterai yang lebih panjang. 

Jangan lupa untuk hentikan aktivasi Adaptive Brightness pada Galaxy M02, sehingga kecerahan layar tidak berubah secara otomatis.

Dengan One UI Core 2.5, kamu bisa lebih mudah mengaktifkan Dark Mode dengan sekali swipe. 

Mode ini memberikan kenyamanan dengan tampilan yang gelap dan visual yang lebih jelas dan intuitif pada saat melakukan navigasi pada menu ponsel.

3. Matikan Sinkronisasi dan GPS

1613876640-Samsung-Galaxy-M02-(3).jpgSumber: Samsung Galaxy M02 (Samsung)

Apabila kita memasukan akun Google ataupun akun Samsung pada smartphone yang kita miliki, maka secara otomatis akun akan terhubung dan tersinkronisasi. 

Proses tersebut akan terus berjalan seiring dengan koneksi internet pada smartphone, sehingga menyedot daya baterai yang cukup banyak. Dengan menonaktifkan mode sinkronisasi, maka daya baterai akan lebih hemat dan bertahan lebih lama.

Akses Lokasi atau GPS juga menyedot banyak kapasitas baterai pada smartphone. Akses menu Setting kemudian pilih Location. Dengan menonaktifkan Lokasi, dijamin baterai bisa lebih irit, No Debat!

4. Buang Aplikasi yang Tidak Perlu dan Update Software

Semakin banyak aplikasi yang terdapat pada smartphone tentunya akan memengaruhi kapasitas baterai, karena aplikasi yang berjalan pada prosesor juga akan lebih banyak. Terlebih lagi, apabila aplikasi tersebut menampilkan notifikasi secara reguler yang juga memengaruhi kapasitas baterai. 

Kurangi pemakaian aplikasi secara berlebih dengan memilih aplikasi yang kamu butuhkan saja, baterai akan menjadi lebih irit sehingga kamu bisa on di TikTok lebih lama.

Jangan lupa juga untuk selalu update software ponsel kamu secara berkala untuk memberikan peningkatan terhadap berbagai fitur dan performa, sehingga sistem operasi akan menjadi lebih maksimal dan dijamin baterai smartphone kamu lebih irit.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait