menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Tips Bikin Makanan Instan Jadi Lebih Bernutrisi

Itha Prabandhani,
6 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Bikin Makanan Instan Jadi Lebih Bernutrisi
Image: Freepik

Jakarta - Makanan instan seperti makanan yang dikemas di dalam kaleng, makanan beku, dan makanan siap saji, adalah menu yang sulit banget buat kita hindari.

Meski sadar akan bahayanya, sisi praktis, ekonomis, dan rasanya yang enak, seringkali lebih menggoda iman, ketimbang memikirkan efek buruknya. Betul nggak, guys?

Tapi, sebenarnya ada beberapa tips dan trik biar makanan instan jadi lebih bernutrisi loh, guys. Buat kamu para pecinta makanan-makanan ini, yuk simak ulasannya!

Mie Instan

1604979901-mie-instan.jpgSumber: Freepik

Kebanyakan orang biasanya memasak mie instan dengan menambahkan telur dan sawi hijau sebagai sayurannya. Nah, kalau itu juga cara kamu memasak mie instan, sekarang kamu bisa meng-upgrade mie instan dengan menambahkan beberapa potong daging ayam, udang, atau jamur.

Caranya, masak daging ayam, udang, atau jamur, dengan satu siung bawang putih yang dicacah halus, lalu tumis sampai daging ayam matang. Masukkan air secukupnya dan didihkan. 

Yang terakhir, masukkan mie yang telah kamu rebus sebelumnya. Tambahkan sayuran seperti sawi hijau, bayam, atau brokoli. Masak sampai sayur layu lalu angkat. Tambahkan bumbu instan dan aduk rata. Mie instan siap dinikmati.

Dengan cara ini, kamu telah menambahkan protein, vitamin A, vitamin B, selenium, zat besi, dan juga serat.

Kornet Daging Sapi

1604979486-kornet.jpgSumber: Freepik

Kornet daging sapi adalah menu yang wajib banget terutama buat anak kos. Selain rasanya enak, harganya juga ramah banget di kantong buat kalau lagi pengen makan daging. Nah, biar kornet dagingmu lebih bernutrisi, sempatkan waktu untuk memasaknya terlebih dahulu.

Pertama-tama, ambillah setengah bawang bombay dan cacah dadu. Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak, lalu masukkan kornet daging. 

Tambahkan jagung pipilan atau mix vegetables sesuai selera. Kamu juga bisa menggunakan kacang polong. Untuk menambah rasa, taburi dengan lada secukupnya. 

Kamu tak perlu menambahkan garam, karena biasanya kornet daging sudah mengandung cukup banyak sodium. Tumis hingga matang dan nikmati kornet daging dengan roti chapatti.

Menu ini sudah memberimu asupan vitamin A, vitamin B6, dan serat.

Ikan Sarden

1604979812-sarden.jpgSumber: Freepik

Ikan sarden dalam kalengan juga menjadi menu andalan anak kos selanjutnya. Untuk menyeimbangkan gizinya, masak ikan sarden dengan menambahkan potongan wortel dan tomat.

Caranya, pisahkan ikan sarden dari sausnya. Di dalam saus inilah terdapat banyak sodium yang harus kamu batasi jumlahnya.

Tumis bawang bombay yang sudah dicacah dadu, lalu masukkan potongan wortel. Tumis hingga agak layu. Masukkan ikan sarden yang telah dipisahkan dari sausnya. Gantilah dengan air kalau kamu ingin masakanmu berkuah. 

Setelah kuahnya mendidih, masukkan potongan tomat segar. Angkat dan sajikan. Kamu juga bisa melengkapinya dengan rebusan brokoli atau kembang kol sebagai sayur tambahan.

Masakan ikan sarden ini mengandung omega 3, beta karoten, serat, dan vitamin C.

Mudah, kan? Selamat mencoba, guys!


 
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait