beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Tips dan Trik Bikin Konten ‘Hidden Gem’ Pakai HP, Dijamin Awesome!

William Ciputra,
15 November 2022 11.14.17 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips dan Trik Bikin Konten ‘Hidden Gem’ Pakai HP, Dijamin Awesome!
Image: Taman Literasi, salah satu hidden gem di Jakarta Selatan. (Urbanasia/William)

Jakarta - Urbanreaders, setuju nggak sih kalau ada yang bilang setiap orang suka fotografi? Selain sebagai salah satu hobi, fotografi juga menjadi medium bagi sebagian orang untuk menyampaikan unek-uneknya. 

Nah, fotografi ini banyak sekali ‘jenisnya’, guys. Ada landscape photography untuk mengabadikan pemandangan sekitar, portrait photography, food photography, dan sebagainya. 

Salah satu jenis fotografi adalah street atau urban photography. Fotografi jenis ini biasanya menjadi jalanan umum sebagai objek, termasuk ruang terbuka publik, yang diambil secara candid tanpa pengarahan. 

Seorang urban photography biasanya akan ‘berburu’ lokasi-lokasi yang menarik untuk ‘diabadikan’. Dari hunting ini pula sering kali ditemukan tempat-tempat menarik yang belum banyak diketahui orang atau yang dikenal dengan istilah ‘hidden gem’. 

1668485400-City-Light.jpgCity light dengan night mode Samsung A53 5G. (Urbanasia/William)

Memang, tidak ada arahan baku dalam teknik urban photography untuk mengabadikan ‘hidden gem’, guys. Tapi bukan berarti kalian bisa mengambil gambar sembarangan ya. 

Kalian tetap harus memperhatikan beberapa hal dalam membuat konten ‘hidden gem’ ini. Tujuannya, agar foto yang kalian ambil bagus dan ‘pantas’ untuk mengisi feed media sosial kalian. 

Sebagai catatan, kalian nggak perlu pakai kamera bagus dan mahal loh untuk membuat konten ‘hidden gem’. Ya, kalian bisa pakai kamera HP, salah satunya Samsung A53 5G. 

Berikut tips dan trik membuat konten ‘hidden gem’ pakai kamera HP Samsung A53 5G. Tips ini dibagikan oleh photographer Putri Anindya dalam acara Urban & Lighting Photography, Senin (14/11/2022). Check it out!

1. Perspektif

Fotografi adalah tentang perspektif kalian dalam mengambil gambar sebuah objek. Untuk itu, kalian perlu memperhatikan perubahan bentuk, ukuran, dan kedalaman bidang yang berbeda antara objek dan kamera. 

Dengan memperhatikan perspektif, kalian akan mendapatkan dimensi ruang foto yang berbeda dengan karya foto milik orang lain. 

2. Leading Lines

1668485109-Hidden-Gem-Content.jpgContoh leading lines dalam photography. (Urbanasia/William)

Berikutnya, perhatikan juga leading lines atau garis imajiner yang akan menuntun mata penikmat foto untuk menyusuri bagian-bagian foto kalian. Leading lines akan mencegah penikmat foto hanya berhenti di satu titik foto saja. 

3. Look down or Look Up

Saat mengambil gambar, jangan hanya melihat lurus ke depan saja. Sesekali coba untuk melihat ke atas atau ke bawah. Bisa jadi, kalian menemukan objek menarik saat melihat ke atas atau bawah. 

4. Framing Subject

Framing menjadi bagian tak terpisahkan dari fotografi. Framing merupakan proses menyusun gambar yang melibatkan apa saja yang akan kalian bingkai dalam foto. 

Framing ini bertujuan untuk mengarahkan perhatian penikmat foto kepada perspektif yang ingin kalian sampaikan.

5. Reflection

Kalian bisa memanfaatkan genangan air di jalanan, atau kolam di taman untuk menghasilkan refleksi atau duplikasi objek utama yang kalian abadikan dalam foto. 

6. Portrait Strangers

1668485328-Photo-Strangers.jpgPhoto of strangers. (Urbanasia/William)

Saat hunting foto dalam urban atau street photography, kalian pasti akan menemukan banyak sekali orang asing. Nah, mengabadikan gambar mereka yang sedang beraktivitas secara candid akan membuat foto kalian makin bagus. 

Eits, jangan lupa untuk meminta izin kepada yang bersangkutan ya setelah ambil foto. Terutama kalau foto yang kalian ambil untuk keperluan komersial. 

Kelebihan Samsung A53 5G

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait