menu
user
URstyle

Tips Makeup buat Wajah yang Gampang Jerawatan

Itha Prabandhani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Makeup buat Wajah yang Gampang Jerawatan
Image: Riasan untuk wajah berjerawat/Pinterest by Honey

Jakarta - Punya kulit wajah yang sensitif dan gampang jerawatan memang perlu perlakuan khusus. Sebenarnya, kalau wajah kamu gampang jerawatan, kamu nggak disarankan untuk sering-sering menggunakan makeup, guys.

Tapi, saat kamu perlu menggunakan makeup untuk keperluan tertentu, kamu bisa menerapkan teknik-teknik khusus, agar wajah kamu ‘aman’ dari risiko jerawatan, namun tetap terlihat prepared.

Berikut beberapa tips dari Urbanasia yang bisa kamu coba.

1. Skincare Is a Must

1615860255-skincare---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Perawatan kulit/Freepik by Cookie Studio

Sebelum mengaplikasikan makeup, tetap gunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu. Sehingga, meskipun kamu bermakeup, kulit tetap terawat dengan baik.

Lalu, pastikan wajah bersih seluruhnya dengan melakukan cleansing. Gunakan toner dan moisturizer untuk menjaga kulit wajah kamu tetap terhidrasi.

2. Gunakan Primer

1615860232-primer---freepik-kitthanes.jpgSumber: Primer/Freepik by Kitthanes

Primer adalah salah satu ‘senjata’ yang akan mengunci makeup kamu tetap stay on. Karena kulit kamu mudah jerawatan, pilih primer yang bebas minyak dan mengandung formula yang cocok dengan kulitmu. Gunakan primer sebagai alas, agar foundation kamu menempel sempurna.

3. Pilih Foundation yang Ringan

1615860107-foundation-ringan---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Ilustrasi foundation/Freepik by Valuavitaly.

Biar kulit wajah kamu tetap bisa bernapas, pilihlah foundation yang bertekstur ringan dan tidak menutup pori-pori. Liquid foundation, powder foundation, atau cushion, bisa jadi opsi yang baik.

4. Hindari Layer

1615860208-layer---freepik.jpgSumber: Layer makeup/Freepik

Foundation bertekstur ringan kemungkinan akan tampak sheer atau memiliki coverage light to medium. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak membuat layer atau lapisan foundation, agar tidak memberi beban yang berat pada kulit wajahmu.

5. Gunakan Color Corrector

1615860200-color-corrector---freepik-kat-ka.jpgSumber: Color Corrector/Freepik by Kat Ka

Jika kamu bermasalah dengan flek hitam bekas jerawat atau kemerahan dari jerawat yang meradang, maka gunakanlah color corrector. Cara ini lebih baik ketimbang kamu meratakan warna kulit dengan bantuan concealer atau foundation berlapis.

6. Fokuskan Riasan pada Mata dan Bibir

1615860934-fokus-mata---freepik.jpgSumber: Riasan mata/Freepik

Untuk mengalihkan perhatian dari ‘kekurangan’ yang ada di wajahmu, fokuskan riasan pada mata dan bibir. Buatlah riasan mata yang menonjol dengan eyeliner wing atau eyeshadow bold. Selain itu, pulaskan lipstik yang mengandung shimmer agar fokus perhatian tidak pada area wajahmu yang berjerawat.

7. Kunci dengan Setting Spray

1615860244-setting-spray---freepik-lookstudio.jpgSumber: Setting Spray/Freepik by Look Studio

Untuk memastikan dandanan tetap on point, kunci riasanmu dengan setting spray. Jadi, meskipun kamu aktif seharian, makeup kamu nggak akan luntur oleh keringat dan sebum. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait