menu
user
URnews

Tips Mengatur Uang THR Agar Nggak Habis Secara Percuma

Nivita Saldyni,
5 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Mengatur Uang THR Agar Nggak Habis Secara Percuma
Image: Ilustrasi uang. (Freepik/johan111)

Jakarta – Meski lebaran masih satu bulan lebih, namun nggak ada salahnya nih merencanakan penggunaan uang Tunjangan Hari Raya (THR) lebih dini agar nanti nggak habis sia-sia. Nah, Urbanreaders mau tahu nggak gimana caranya memanfaatkan uang THR dengan maksimal?

Leonilla Vari Amrta, Financial Advisor membagikan tips menggunakan THR agar keuangan kita tetap sehat nih. Dalam URwealth ‘Gaji Dua Digit, Tapi Nggak Punya Duit’ yang disiarkan secara langsung lewat Instagram Urbanasia pada Rabu (7/4/2021), Leoni pun membagikan tips dan pesan untuk nih.

“Paling enak itu kalau yang namanya pegawai, itu kan gajinya kan gak cuma 12 kali gaji ya, tapi ada THR dua kali gaji, kemudian biasanya ada uang cuti. Nah itu anggap saja THR silahkan digunakan satu, yang satunya tabunglah dan jangan digunakan. Kan selalu THR itu kan dua kali gaji rata-rata di perusahaan ya, yang satu kali gaji tolong deh disimpen. Satu gaji lagi silahkan kalau mau dibuat tunjangan hari raya betulan,” kata Leoni, Rabu(7/4/2021).

Nah kuncinya adalah disimpan. Jadi jangan sampai uang THR yang kamu dapat dihabiskan semua untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga ya guys. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang hanya menerima THR satu kali loh.

“Kalau misalnya THR hanya satu kali gaji, ya kita (bagi) separuh-separuh deh. Kan itu bonus,” katanya.

“Tetap harus ada yang disimpan,” imbuhnya.

Jadi saat kamu menerima gaji dan juga THR nantinya maka gunakanlah gajimu untuk memenuhi kebutuhan bulanan seperti biasanya. Lalu sisanya harus tetap ditabung ya guys.

“Kan itu bonus tambahan nih, silahkan gajinya untuk kebutuhan seperti biasa dan yang bonus tambahannya dibelah deh kalau nggak mau 50-50 ya 60-40, maksimal 70-30 atau 75-25 persen deh. Jadi yang 25 persen tetap dimasukkan ke uang yang tidak boleh diotak-atik. Itu wajib saran saya,” tegasnya.

Lalu pertanyaannya bagiamana ya kalau ada keperluan penting yang mengharuskan kita pulang kampung dengan keluarga? Apa yang harus dilakukan? Apakah uang THR boleh digunakan?

“Pulang kampung dengan banyak orang itu kan sebenarnya sudah di-prepare, sudah ada hitungannya. Gak mungkin orang pulang kampun, kalau kata orang Jawa sak deg sak nyet, sekarang ya sekarang. Kecuali memang urgent. Nah tetapi kembali lagi, urgent kan tidak diambil dari dana ini (THR), tetapi dari dana urgent. Hal seperti itu yang sering dilupakan,” jelas Leoni.

Nah tapi beda cerita lagi nih kalau kamu punya masalah keuangan seperti cerita Urbanreaders bergaji Rp 12-13 juta yang sempat Urbanasia ceritakan di sini. Menurut Leoni, jika kamu punya masalah serupa dengan Urbanreaders satu ini, maka gunakanlah uang THR kamu untuk menutup kartu kredit terlebih dahulu.

“Bonus tambahan itu (THR), gunakan untuk menutup kartu kredit. Tutup dulu kartu kredit karena kartu kredit bunganya paling mahal,” sarannya.

“Dengan begitu setiap bulan jatah untuk angsuran kartu kredit bisa dialokasikan masuk ke tabungan,” tutup Leoni.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait