beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Tjahjo Kumolo Meninggal Akibat Infeksi Paru, Kenali Gejalanya!

Griska Laras,
1 Juli 2022 15.34.57 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tjahjo Kumolo Meninggal Akibat Infeksi Paru, Kenali Gejalanya!
Image: Batuk kronis (Freepik/8photo)

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo tutup usia setelah menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo.

Berpulangnya Tjahjo Kumolo diumumkan di akun media sosial Kementerian PAN RB.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah meninggal dunia Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. #RekanASN, mari sejenak panjatkan doa bagi Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Semoga amal ibadah Menteri PANRB Tjahjo Kumolo diterima di sisi Allah SWT dan diberi tempat terbaik di sisi-Nya,” tulis akun @KemenPAN-RB.

Dari informasi yang beredar di media sosial, Tjahjo meninggal akibat infeksi paru akut. Tapi belum diketahui jenis infeksi paru apa yang menyerang politikus PDIP ini.

Melansir Health, infeksi paru adalah kondisi kerusakan saluran atau jaringan paru-paru yang disebabkan mikroorganisme (jamur, bakteri atau virus). Penyakit ini juga bisa terjadi karena gaya hidup tidak sehat, seperti merokok atau terpapar bahan kimia dalam jangka waktu lama.  

Gejala infeksi paru bervariasi dari ringan sampai berat, tergantung jenisnya. Namun ada beberapa gejala umum infeksi paru yang bisa dikenali. Berikut beberapa di antaranya: 

Batuk Berdahak

Gejala umum infeksi paru yang bisa dikenali adalah batuk yang tak kunjung sembuh. Sebenarnya batuk merupakan mekanisme tubuh untuk membersihkan lendir di paru-paru. Tapi, orang yang mengidap infeksi paru mengalami batuk disertai lendir kental bahkan darah. 

Nyeri Dada

Nyeri dada akibat infeksi paru memiliki sensasi menusuk di dada hingga punggung atas. Gejala tersebut cenderung memburuk ketika batuk, bahkan bernapas.

Sesak Napas 

Sesak napas atau dispnea terjadi ketika seseorang kesulitan menghirup oksigen. Kondisi ini terjadi karena adanya hambatan pada saluran udara, paru-paru yang kurang elastis, hingga luas permukaan paru yang berkurang. 

Mengi

Sebagian besar orang yang mengalami infeksi paru juga akan mengalami mengi. Mengi adalah bunyi siulan yang terdengar saat seseorang membuang napas. Kondisi ini terjadi karena penyempitan dan peradangan pada saluran napas. 


Bibir dan kuku pucat 

Gejala infeksi paru lainnya yang bisa dikenali dengan mudah adalah bibir dan kuku yang berwarna pucat. Kondisi ini menandakan tubuh kekurangan asupan oksigen dan suplai darah. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait