Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

TNI-Polri Kerahkan 9.370 Personel untuk Pengamanan PON XX Papua

Itha Prabandhani,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
TNI-Polri Kerahkan 9.370 Personel untuk Pengamanan PON XX Papua
Image: PON Papua 2021 (Foto: Antara)

Jakarta - Lebih dari 9000 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu (2/10/2021) malam nanti. Upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. 

Sebanyak 9.370 personel TNI-Polri akan terlibat dalam penyelenggaraan PON di Papua, sekaligus mengamankan ajang olahraga nasional ini dari kemungkinan serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB). 

Selain mengamankan kegiatan PON XX, aparat TNI-Polri juga melakukan pengamanan ketat terhadap para atlet dan kontingen dari 33 provinsi. 

Melalui siaran Polri TV, Sabtu (2/10/2021), Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan, pihaknya telah menerjunkan personel ke empat lokasi penyelenggaraan PON XX Papua. 

"Kami menggelar operasi Deraku Cartenz untuk pengamanan penyelenggaraan PON XX Papua dengan melibatkan 9.370 personil untuk mengamankan 4 klaster penyelenggaraan PON, baik di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Timika, serta Kabupaten Merauke," ungkap Imam. 

"Untuk kontingen dari 33 provinsi kami juga menyertakan aparat TNI-Polri dipimpin Kombes dari Polda masing-masing untuk mengamankan personal kontingen atau pengamanan melekat pada atlet," tambahnya. 

Demi keamanan sekaligus menjaga protokol kesehatan, Imam menjelaskan bahwa dalam seremonial penyelenggaraan PON XX Papua, hanya masyarakat yang memiliki undangan khusus saja yang bisa datang. Selain itu, para undangan juga harus memenuhi persyaratan vaksinasi dua dosis. 

Dengan pengamanan yang ketat untuk penyelenggaraan PON XX Papua, Imam yakin ajang perlombaan tersebut dapat berjalan dengan lancar, sekaligus sebagai bukti bahwa kondisi Papua aman. 

"Kita yakin bahwa PON akan sukses karena adanya sinergi dari semua pihak. Karena ini bukan hanya pertandingan olahraga tapi juga menjadi ujian kita bersama untuk menunjukkan bahwa Papua aman, kemudian ekonomi Papua dapat bangkit dan maju," jelas Imam. 

Acara pembukaan PON XX Papua ini akan disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun TV nasional serta dimeriahkan oleh penampilan artis kenamaan seperti Raffi Ahmad, Ruth Sahanaya, Edo Kondologit, Tulus, dan masih banyak lagi. So, pantengin stasiun TV favoritmu mulai pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB sore ini. Jangan sampai ketinggalan ya, guys?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait