menu
user
URstyle

Top! Rawon Jadi Sup Terenak Se-Asia

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Top! Rawon Jadi Sup Terenak Se-Asia
Image: Rawon. (Pinterest/Selerasa.com)

Jakarta - Makanan khas Indonesia kembali merajai dunia kuliner internasional, guys. Kali ini, masakan khas Jawa Timur yaitu Rawon, dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia di tahun 2020 versi TasteAtlas. Mantap!

Dilansir dari akun Instagram @seasia.co, TasteAtlas membuat survei untuk menentukan 12 sup terenak di Asia. Dalam survei yang melibatkan 63.402 panelis dan kritikus restoran profesional ini, 3 jenis masakan Indonesia masuk ke dalam kategori sup terenak se-Asia, yaitu Rawon, Gulai Cincang, dan juga Sayur Asem.

Rawon berhasil menduduki ranking pertama dalam deretan sup terenak ini, guys. Masakan berkuah gurih berisi daging sapi yang dinikmati dengan tauge segar, telur asin, kerupuk udang, dan sambal ini, ternyata berhasil menggoyang lidah para kritikus restoran profesional.

Masakan ini diolah dengan berbagai bumbu dan rempah yang kaya rasa, sehingga menghadirkan kenikmatan yang unik di lidah. Kuahnya yang berwarna coklat kehitaman dari kluwak atau kluwek, pastinya memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan buat para kritikus makanan internasional.

Nggak cuma Rawon, guys. Dalam survei ini pun, Gulai Cincang asal Sumatera Barat berhasil meraih posisi ke-3, mengalahkan Laksa dari Malaysia dan Tinola Manok dari Filipina. Sementara itu, Sayur Asem menduduki posisi bontot alias ke-12 dalam urutan sup terenak ini.  

Dalam survei tersebut, TasteAtlas menghadirkan sekitar 20.000 hidangan, minuman, dan makanan dari seluruh dunia. Ada juga sekitar 15.000 restoran dikumpulkan oleh tim yang berisikan 30 penulis dan peneliti.

Hasilnya, Rawon berhasil meraih predikat sup terenak se-Asia. Top!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait