menu
user
URnews

Try Out UTBK di Aplikasi Analitica Bisa Dapat Golden Tiket Masuk Unair

Nivita Saldyni,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Try Out UTBK di Aplikasi Analitica Bisa Dapat Golden Tiket Masuk Unair
Image: Hilmy Muktafi memamerkan aplikasi Analitica. (Dok. Humas Unair)

Surabaya - Kabar bahagia untuk para pejuang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), khususnya yang memilih Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Kali ini Unair menggandeng aplikasi Analitica, kembali menawarkan kesempatan golden tiket untuk calon mahasiswanya.

Urbanreaders, pasti penasaran dong? Tapi sebelum tahu syarat dan ketentuannya, yuk kenalan dulu sama aplikasi Analitica, guys.

Nah Analitica adalah aplikasi try out online yang dirancang khusus untuk persiapan berbagai ujian. Mulai dari UTBK, Ujian Mandiri, Ujian Kedinasan, CPNS, bahkan persiapan Olimpiade juga. Aplikasi ini buatan mahasiswa tingkat akhir dari Departemen Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Unair, Hilmy Muktafi loh.

Dilansir dari website Unair, Hilmy mengaku bahwa ide Analitica berangkat dari kegelisahannya terhadap sistem pendidikan jarak jauh selama pandemi COVID-19. Untuk itu ia dan tim tertantang menciptakan inovasi di bidang pendidikan yang bisa membantu pembelajaran jarak jauh, khususnya bagi calon mahasiswa baru yang akan menghadapi UTBK.

“Analitica diciptakan, salah satunya kerena adanya keresahan dari dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan. Kita tidak bisa belajar secara tatap muka karena kekhawatiran akan terjadinya penyebaran virus tidak dapat terhindarkan,” kata Hilmy, seperti dikutip Rabu (24/3/2021).

Sehingga Hilmy dan tim akhirnya mencoba mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan akhirnya lahirlah Analitica ini, guys. Harapannya, kata Hilmy bisa mengakselerasi pemerataan akses pendidikan dan mampu menembus batas-batas wilayah. Oleh sebab itulah Analitica bisa diakses di berbagai platform, mulai dari Android, iOS, dan juga Website.

“Salah satu tujuan Analitica adalah pemerataan akses pendidikan. Tidak lucu kalau hanya tersedia di platform tertentu,” tegas Hilmy.

Nah Analitica dalam waktu dekat bakal mengadakan try out yang pasti sudah ditunggu-tunggu oleh Urbanreaders pejuang UTBK nih. Yap, apalagi kalau bukan try out dengan hadiah golden ticket untuk masuk Unair?

Bekerjasama dengan Unair dan salah satu stasiun televisi lokal Jawa Timur, Analitica bakal menyelenggarakan Try Out UTBK 2021 pada 5 April mendatang. Dari hasil try out tersebut, 10 peraih skor tertinggi bakal mendapatkan golden ticket untuk masuk Unair, guys!

Syarat dan Ketentuan Ikut TO UTBK Golden Ticket Unair

Nah untuk Urbanreaders yang tertarik ikut berburu golden tiket masuk Unair di try out Analitica, simak dulu yuk syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat umum peserta

1. Memiliki Akun Analitica

2. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).

3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).

4. Persyaratan Ujian sebagai berikut :

- Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS dan TKA Saintek.
- Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum.

5. Memilih Universitas Airlangga minimal di salah satu pilihan pada SBMPTN 2021, untuk meningkatkan kesempatan lebih besar mendapatkan golden ticket.

Nah kalau kamu memenuhi syarat tersebut, kamu bisa maju ke langkah selanjutnya yaitu pendaftaran. Berikut prosedur pendaftarannya guys :

A. Syarat Pendaftaran

1. Follow akun Instagram @analitica.id menggunakan akun utama pribadi
2. Follow akun twitter @analitica_id
3. Mengunggah twibbon + caption yang telah disediakan di akun instagram pribadi dengan ketentuan : 
a. Akun instagram tidak di-private.
b. Twibbon + caption & poster diunduh di sini (bit.ly/gt-unair)
c. Pembuatan twibbon dengan langsung akses di sini (bit.ly/twibbon-gtunair)
d. Tag tujuh teman kamu dan akun instagram analitica.id
e. Postingan bersifat multiple post (carousel) dengan ketentuan slide 1 twibbon dan slide 2 poster #GoldenTicket.
f. Nah, link feed instagram ini akan digunakan untuk mendaftar TO UTBK Golden Ticket ini.
4. Share Poster dan Caption di lima grup WA, Telegram, atau Line dengan anggota minimal grup 15 orang.
5. Screenshot dan gunakan untuk mendaftar TO UTBK Golden Ticket ini di Aplikasi Analitica.

B. Registrasi di Aplikasi Analitica

1. Download aplikasi Analitica di appstore atau playstore
2. Daftar akun dan login ulang
3. Pada Event TO di beranda, pilih 'TO #UTBKGoldenTicket UNAIR' dan klik Daftar Sekarang
4. Isi biodata dengan teliti, lalu klik submit
5. Pilih ujian (Saintek/Soshum) dan juga jurusan pilihan di Unair
6. Upload seluruh bukti pada syarat pendaftaran (bagian A), kemudian konfirmasi data dan centang jika sudah yakin
7. Klik Submit dan selesai!

Gimana, mudah kan? Kamu juga tak perlu khawatir karena pendaftaran try out ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Hadiahnya juga disediakan untuk masing-masing lima peserta terbaik di rumpun Saintek dan Soshum. Jadi semua bakal punya kesempatan yang sama kok.

Pendaftaran TO UTBK Golden Ticket dan syarat pendaftaran lainnya sudah dibuka mulai 18 Maret lalu guys. Pendaftaran bakal ditutup pada 2 April 2021 pukul 15.00 WIB. Kemudian akan ada proses verifikasi dan validasi pendaftaran sebelum try out dilaksanakan.

Kemudian, try out akan digelar pada 5 April 2021.

Nantinya hasil try out bisa disaksikan secara langsung di program 'Sinau Nang Omah' JTV pada pukul 10.30 - 11.30 WIB yang tayang 6 April 2021. Untuk informasi lebih lanjut, langsung aja kepoin Instagram Analitica di @analitica.id, guys.

Gimana, sudah siap daftar? Catat syarat dan ketentuannya dan jangan sampai kelewatan, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait