menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Ucapan dan Puisi di Hari Disabilitas Internasional dari Seniman Difabel

Shelly Lisdya,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ucapan dan Puisi di Hari Disabilitas Internasional dari Seniman Difabel
Image: Hari Disabilitas Internasional. (The Area News)

Jakarta - 3 Desember merupakan peringatan 28 tahun Hari Penyandang Disabilitas Internasional (IDPwD), hari yang bertujuan untuk mendobrak hambatan dan merayakan kemampuan para disabilitas.

Wakil Wali Kota Maroondah Australia, Cr Nora Lamont mengatakan, hari ini merupakan cara yang luar biasa bagi individu, bisnis, dan kelompok masyarakat untuk merayakan dan mengakui kontribusi, keterampilan, dan prestasi bagi orang-orang penyandang disabilitas.

“IDPwD adalah hari sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertujuan untuk mempromosikan pemahaman tentang orang-orang yang memiliki disabilitas dan mendorong dukungan untuk martabat, hak dan kesejahteraan mereka,” kata Cr Lamont.

Untuk tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2020 adalah 'Tidak Semua Disabilitas Terlihat' juga berfokus pada penyebaran kesadaran dan pemahaman tentang disabilitas yang tidak langsung terlihat, seperti penyakit mental, nyeri kronis, gangguan penglihatan dan pendengaran, kesulitan belajar dan disfungsi kognitif.

“Kami mendorong masyarakat untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap IDPwD dengan berbagi pesan dan cerita mereka sendiri melalui online dan media sosial dengan menggunakan tagar #DisableStereotypes,” tandasnya.

Nah, untuk menyemangati para penyandang disabilitas dan menyadarkan setiap individu terkait betapa berharganya mereka, berikut motivasi atau ucapan Hari Disabilitas Internasional.

1. "Menjadi difabel tidak berarti didiskualifikasi dari akses ke setiap aspek kehidupan." - Emma Thompson

2. "Saran saya kepada orang-orang difabel lainnya, berkonsentrasilah pada hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan dengan baik. Jangan sesali hal-hal yang mengganggu. Jangan cacat dalam roh, juga secara fisik." - Stephen Hawking

3. "Hanya karena seorang pria tidak menggunakan matanya, itu tidak berarti dia tidak memiliki penglihatan." - Stevie Wonder

4. "Mampu bukan berarti memungkinkan. Penyandang disabilitas tidak berarti kurang mampu." - Khang Kijarro Nguyen

5. "Saya bukan disabilitas, saya memiliki kemampuan yang berbeda." - Robert M. Hensel

6. "Kenali saya dengan kemampuan saya, bukan karena disabilitas saya." - Robert M. Hensel

7. "Disabilitas adalah masalah persepsi. Jika Anda dapat melakukan satu hal baik, maka Anda akan dibutuhkan oleh seseorang." - Martina Navratilova

Tak hanya itu, seniman asal Australia Oliver Mills yang hidup dengan cerebral palsy, epilepsi dan gangguan penglihatan pun menulis sebuah puisi untuk masyarakat agar tidak ada lagi diskriminatif terhadap penyandang disabilitas.

Sebuah puisi oleh Oliver Mills

Orang mengira aku tidak bisa berjalan,

Tidak bisa bicara, tidak bisa menari,

Tidak bisa menulis, tidak bisa melukis,

Tidak bisa membuat.

Orang-orang mengira saya tidak bisa berkomunikasi.

Mereka pikir saya tidak bisa melihat mereka,

Atau mendengar mereka membicarakan saya.

Orang-orang mengabaikan saya.

Anak-anak menatap.

Aku tidak tahan dibujuk.

Saya mengerti semua yang Anda katakan.

Lihat aku, bicara padaku, dengarkan aku.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait