Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Undip Jadi Kampus Pencetak Lulusan Siap Kerja Terbaik di Indonesia

Shelly Lisdya,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Undip Jadi Kampus Pencetak Lulusan Siap Kerja Terbaik di Indonesia
Image: Universitas Dipenegoro. (Dok. Istimewa)

Jakarta - Universitas Diponegoro (Undip) kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini, Undip menjadi peringkat pertama di Indonesia dengan lulusan siap kerja terbaik.

Prestasi tersebut dikeluarkan oleh QS Graduate Employability Rankings. Undip menjadi perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil mencetak lulusan berkompetensi dengan prospek kerja tinggi atau lulusan siap kerja terbaik.

Pada QS Employability Rankings 2022 kali ini, hanya ada delapan perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam catatan QS dalam pemeringkatan secara berurutan, antara lain Undip, Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Universitas Bina Nusantara (Binus), dan Universitas Brawijaya (UB).

Adapun di peringkat dunia Undip dan UI berada pada posisi 251-300; Unair, UGM dan ITS ada di posisi 301 – 500 dunia; sedangkan Binus dan UB berada di posisi 500+ dunia.

QS Graduate Employability Rankings adalah survey yang memakai lima indikator, yaitu Employer Reputation yang diberi bobot 30%, Alumni Outcomes (25%), Partnership with Employers (25%), Employer Student Connections (10%), dan Graduate Employment Rate (10%). 

Untuk mengukur employer reputation QS mendasarkan pada data dari hampir 75 ribu respons atas survei yang dilakukan oleh QS Employer Survey. Studi ini merupakan survei terbesar di dunia terkait dengan masalah kesiapan alumni perguruan tinggi menghadapi tantangan dunia kerja.

Mengenai alumni outcomes QS menganalisis 40 ribu orang-orang berprestasi di seluruh dunia dengan kategori paling inovatif, kreatif, memiliki kemampuan finansial memadai, wirausahawan dan filantropis sukses untuk mengetahui universitas mana saja yang menghasilkan tokoh-tokoh dengan karakter tersebut.

QS juga melakukan penilaian terhadap kemampuan universitas bekerjasama dengan pemberi kerja berkualitas.

Pada tingkat global, sepuluh posisi teratas ditempati oleh Massachusetts Institute of Technology dengan total skor 100; Stanford University (99,3), University of California Los Angeles (99,1), University of Sydney (98,1), Harvard University (97,7), Tsinghua University (96,9), University of Oxford (96,7), The University of Melbourne (94,5), Cornell University (94,4) dan University of Hong Kong (94,2)

Terkait raihan tersebut, dalam berbagai kesempatan terutama pada acara wisuda, Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, selalu menekankan pentingnya kecepatan para lulusan Undip mendapatkan pekerjaan. 

Ungkapan popular Prof Yos Johan adalah sebelum ayam berkokok para lulusan Undip sudah mendapatkan pekerjaan.

Sebelumnya, Undip selalu masuk lima besar dari universitas yang lulusannya paling cepat mendapatkan pekerjaan, yakni kurang enam bulan.

Prof. Yos Johan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh keluarga besar Undip atas capaian tersebut dan dalam mendukung kemajuan Undip menuju universitas berkelas dunia (World Class University). 

“Hal ini merupakan cerminan dari kualitas lulusan Undip yang semakin baik, mudah terserap di lapangan kerja, serta berdaya saing global”, ucap Prof Yos dikutip Urbanasia, Selasa (28/9/2021).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait