Hot News

Semarang - Ada yang unik dari acara wisuda Universitas Diponegoro (Undip) ke-159 yang berlangsung di Gedung Prof. Sudharto, kompleks Undip Semarang, Senin (27/7/2020).

Dalam wisuda kali ini Undip menggunakan tiga robot peraga untuk mewakili para wisudawan dan wisudawati, Urbanreaders.

Tiga robot berkostum wisuda lengkap itu tampak bergantian maju menerima menerima ijazah dari tiga wisudawan wisudawati terbaik pada tiap-tiap fakultas.

Selain itu, mereka juga mewakili para lulusan itu untuk menerima ucapan selamat dan salam dari Rektor Undip, Yos Johan Utama.

Uniknya mereka bertiga juga didandani bak wisudawan dan wisudawati pada umumnya loh. Bagi wisudawati yang berhijab, akan diwakili oleh robot yang juga mengenakan hijab.

Sedangkan untuk wisudawati yang tak berhijab akan diwakili oleh robot dengan rambut sintesis berkepang dan bertoga. Keduanya pun tak mau setengah-setengah dalam penampilannya, mereka bahkan mengenakan kain jarik bermotif cerah.

Sementara itu, bagi wisudawan akan diwakili oleh robot yang mengenakan celana hitam, lengkap dengan jubah wisuda dan toga.

1595837939-Robot-Wisuda-undip-3.JPGSumber: Robot peraga yang digunakan dalam wisuda virtual Universitas Diponegoro ke-159. (Humas Undip)

Robot ini punya tinggi yang sesuai dengan tinggi rata-rata orang Indonesia pada umumnya yaitu 160 sentimeter. Ia berdiri si atas kotak yang dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya berasal dari batere kering (aki).

Untuk bisa menggerakkan robot maju – mundur dan berputar, digunakan remote control yang dapat dikendalikan dari jarak sejauh 15 meter.

Plt. Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Dwi Cahyo Utomo SE., MA., Ph.D mengatakan bahwa wisuda yang digelar 27-30 Juli 2020 ini memang mengusung tema robotik. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

"Wisuda ke-159 ini mengusung tema robotik. Tidak hanya menghadirkan aksi robot peraga wisudawan wisudawati, tetapi juga menampilkan tayangan tentang pencapaian-pencapaian riset dan inovasi Universitas Diponegoro khususnya dibawah Pusat Riset Unggulan Iptek Undip untuk Teknologi Kesehatan," kata Dwi lewat keterangan resminya, Senin (27/7/2020).

Tapi ternyata ini bukan yang pertama kalinya loh, Urbanreaders. Ketua Senat Akademik Undip Semarang Sunarso menambahkan bahwa acara wisuda ke-159 merupakan acara wisuda kedua yang dilaksanakan secara virtual pada akhir Juni lalu dengan bantuan robot peraga selama pandemi COVID-19.

"Ini wisuda daring kedua yang digelar ini menggunakan robot hasil karya Undip," katanya. 

Nah pada wisuda hari ini, ada 2.561 lulusan Undip yang diwisuda secara virtual yang terbagi ke dalam tiga tahap. Tahap pertamandimulai pukul 08.00 WIB, tahap kedua dimulai pukul 11.00 WIB, dan terakhir akan dimulai pukul 14.00 WIB.


Loading ..