Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Unesa Siapkan Pendidikan Gratis untuk Atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Unesa Siapkan Pendidikan Gratis untuk Atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo
Image: Defile Kontingen Indonesia pada Pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020. Sumber: Kemenpora

Surabaya - Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Nurhasan mengatakan pihaknya telah menyiapkan program pendidikan gratis untuk seluruh atlet Indonesia yang tengah berjuang di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Hal itu disampaikan Nurhasan dalam sesi live Instagram pada Rabu (25/8/2021) lalu, bersama Kadispora Jawa Timur, Supratomo dan salah satu atlet Kontingen Indonesia asal Jawa Timur yang tengah berjuang di Paralimpiade Tokyo, Khalimatus Sa'diyah. Pria yang akrab disapa Cak Hasan itu mengatakan, program ini merupakan bentuk apresiasi Unesa untuk para atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020.

“Pulangnya dari situ (Tokyo), mau juara atau tidak, teman-teman yang berminat studi, monggo di Unesa. Kami siapkan gratis, mau S-1 atau S-2 silahkan," kata Cak Hasan seperti dikutip dari keterangan resminya, Kamis (26/8/2021).

"Ini kami sudah bicarakan sama pak Menteri (Menpora Zainudin Amali). Untuk para atlet, kami berikan yang terbaik sebagaimana usaha terbaik yang mereka upayakan untuk Indonesia di berbagai ajang,” imbuhnya.

Program pendidikan gratis itu, kata Cak Hasan, merupakan wujud kolaborasi untuk Jawa Timur dan Indonesia yang lebih berprestasi. Terlebih menurutnya menjadi atlet bukanlah perkara yang mudah, apalagi mereka yang turun ke ajang internasional harus melalui proses yang cukup panjang dan setiap tahapnya cukup menantang.

“Ini wujud dukungan Unesa sebagai kampus yang ramah disabilitas termasuk kepada para atlet paralimpiade Indonesia. Selain itu, Unesa juga terus mengembangkan pendidikan dan layanan anak-anak disabilitas dengan menggandeng beberapa pihak luar negeri, termasuk Spanyol,” pungkasnya.

“Sampaikan kepada teman-teman yang lain juga (Atlet Indonesia), kami (masyarakat Jawa Timur dan Indonesia) di sini terus mendukung dan mendoakan yang terbaik untuk teman-teman di Tokyo, bertanding yang baik, nyaman, dan tetap optimis,” pesan Cak Hasan kepada Khalimatus.

1629970327-Unesa-(1).JPGSumber: Gedung Rektorat Unesa. Sumber: Humas Unesa

Sementara itu, Kadispora Jatim Supratomo menambahkan, pihaknya bersama Unesa akan terus bersinergi untuk memajukan prestasi olahraga Indonesia, khsusnya Jatim.

"Terima kasih kepada Unesa, ini (program pendidikan gratis) adalah apresiasi yang luar biasa untuk para atlet. Kami bangga kepada Khalimatus dan teman-teman lain di Tokyo. Tetap fokus dan yakin pasti bisa, itu paling penting," ungkap Supratomo.

Untuk Urbanreaders ketahui, Paralimpiade Tokyo 2020 dimuali pada 24 Agustus 2021 lalu. Dalam ajang tersebut, Indonesia mengirimkan 23 atlet terbaiknya dari tujuh cabang olahraga. Mulai dari badminton, powerlifting, atletik, renang, tenis meja, menembak, dan balap sepeda. 

Satu dari 23 atlet itu adalah Khalimatus Sa'diyah. Perempuan asal Jatim itu akan berjuang di cabang olahraga bulu tangkis dan mulai bertanding di kelas single dan double pada 1 September 2021 mendatang.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait