beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Urutan Mandi yang Benar: Keramas atau Cuci Muka Dulu?

Izzah Putri Jurianto,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Urutan Mandi yang Benar: Keramas atau Cuci Muka Dulu?
Image: ilustrasi mandi mencuci muka (Foto: Freepik/pvproductions)

Jakarta - Saat mandi, kita harus melakukan berbagai hal, mulai dari keramas, membersihkan badan, sikat gigi, dan mencuci muka. Tapi, meski begitu, kadang masih banyak yang keliru dengan urutan mandi ini.

Ada beberapa orang yang mencuci muka sebelum keramas. Ada pula yang melakukan keduanya secara bersamaan. Jadi, manakah yang paling benar? Keramas atau mencuci muka terlebih dahulu?

Jawabannya adalah keramas lebih dulu. Kenapa?

Saat keramas, rambut akan menghasilkan residu dari sampo yang digunakan. Belum lagi kalau kita mengaplikasikan conditioner atau produk lainnya ke rambut sebagai pelengkap. Alhasil, residu dari sampo akan tercampur dengan kuman yang sebelumnya melekat pada rambut. 

Oleh karena itu, langkah paling tepat saat mandi adalah mencuci rambut terlebih dahulu, baru membilasnya hingga bersih. Setelah dipastikan benar-benar tidak ada sisa busa yang menempel, barulah kita bisa mencuci muka.

Sebaliknya, bayangkan jika kita mencuci muka sebelum keramas. Setelah mencuci muka, kotoran di wajah hilang bersama facial wash yang kita gunakan. Namun, jika setelah itu kita keramas, wajah akan kotor kembali karena terkena busa-busa sampo yang kita bilas.

Sisa busa itu nantinya akan mengendap di kulit jika tidak dibersihkan lagi dengan facial wash. Akibatnya, pori-pori bisa tersumbat dan mengundang bibit-bibit jerawat.

Overall, sudah cukup paham ya soal keramas vs cuci muka ini? Buat Urbanreaders yang masih sering keliru, yuk segera kembali ke jalan yang benar, heheehee.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait