Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Vaksinolog Sebut Ibu Hamil dan Lansia Penting untuk Divaksin

Kintan Lestari,
12 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Vaksinolog Sebut Ibu Hamil dan Lansia Penting untuk Divaksin
Image: Ilustrasi ibu hamil divaksin. (Freepik)

Jakarta - Vaksinasi pada dasarnya penting untuk membentuk kekebalan tubuh melawan infeksi virus, seperti influenza.

Meski demikian masih banyak yang enggan untuk di vaksin karena beberapa alasan, misalnya sedang hamil.

Ibu hamil dan orang lanjut usia (lansia) dianggap rentan sehingga tidak perlu divaksin. Padahal dua kelompok ini justru perlu melakukan vaksinasi.

Hal itu disampaikan dr. Dirga Sakti Rambe, Vaksinolog dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dalam Tayangan Informatif berjudul "Ibu Hamil dan Lansia, bolehkan di Vaksin?” yang disiarkan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

“Ibu hamil boleh bahkan sangat penting menerima vaksinasi. Kita tahu bahwa banyak penyakit-penyakit infeksi yang bila terjadi pada masa kehamilan, dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dan dapat mempengaruhi kondisi kehamilan secara langsung”, ujarnya pada Senin (21/12/2020).

Misalnya ibu hamil terkena influenza, hal itu bisa dihubungkan dengan bayi yang lahir prematur. 

Maka dari itu, Organisasi Kesehatan menyarankan agar ibu hamil mendapatkan vaksin Influenza, juga beberapa vaksin lainnya.

"Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh mendapatkan vaksin hidup. Misalnya, vaksin MMR; vaksin Campak; vaksin Cacar Air, itu harus ditunda hingga kehamilannya selesai”, lanjutnya lagi.

Vaksinasi juga penting dilakukan oleh lansia. Lantaran sistem imunnya sudah menurun, maka beberapa vaksin direkomendasikan untuk mereka, seperti vaksin Pneumonia dan vaksin influenza.

“Pada orang lansia terjadi penurunan sistem imunitas akibat proses penuaan. Oleh karena itu, lansia termasuk kelompok yang sangat rentan untuk mengalami penyakit infeksi sehingga ada beberapa rekomendasi khusus vaksinasi pada lansia," ungkap dr. Dirga.

"Misalkan vaksin Pneumonia untuk mencegah radang paru yang dapat mematikan bagi lansia; yang kedua, vaksin Influenza juga penting diberikan untuk lansia karena pada lansia  penyakit Influenza dapat berkomplikasi menjadi radang paru yang berat; yang ketiga, vaksin Herpes Zoster atau Cacar Ular, itu juga direkomendasikan untuk lansia. Selain itu, masih ada beberapa vaksin lain yang Anda dapat lihat pada rekomendasi vaksinasi dewasa”, tutupnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait