Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Video Viral soal Megawati Meninggal Dunia Dipastikan Hoax

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Video Viral soal Megawati Meninggal Dunia Dipastikan Hoax
Image: Megawati Soekarnoputri. (PDI Perjuangan)

Jakarta - Usai diisukan jatuh sakit, kini muncul sebuah video viral di TikTok yang menyebutkan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri tutup usia.

Kabar ini berasal dari video yang diunggah oleh akun TikTok bernama @dhianrama18 pada Minggu (13/9/2021).

“TURUT BERDUKA CITA TELAH MENINGGAL IBU MEGAWATI SOEKARNOPUTRI, SEMOGA AMAL IBADAH BELIAU DITERIMA OLEH ALLAH SWT,” tulis akun tersebut, dikutip Urbanasia Senin (13/9/2021)

Saat tulisan ini dimuat, video tersebut telah disaksikan lebih dari 5 juta kali dengan mengumpulkan lebih dari 34 ribu suka. Selain itu, dalam video terdengar suara seseorang yang menyampaikan pesan duka.

“Kami para politisi dari PDI Perjuangan banyak belajar dari almarhum beliau meninggalkan kesan dan kenangan yang sangat baik sangat mendalam,” ujar seseorang yang diduga kader PDIP.

Namun, kabar yang beredar dipastikan tidak benar. Suara yang digunakan merupakan potongan dari video berjudul ‘Bukan hanya PDIP Berduka-INDONESIA pun IKUT BERDUKA’ milik akun YouTube Lintas Parlemen pada 5 April 2019.

Selanjutnya, pada Jumat (10/9/2021) Megawati juga sempat menghadiri acara Pembukaan Training of Trainer (TOY) Pendidikan Kader Madya PDI-P secara virtual. Dalam kegiatan tersebut, Megawati menyampaikan bahwa dirinya dalam keadaan sehat.

“Alhamdulillah saya dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang satu apa pun dan terima kasih atas perhatiannya dan doanya," ujar Megawati.

Berdasarkan fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa video yang viral di TikTok tentang berpulangnya Megawati Soekarnoputri adalah hoax.

Mengutip laman turnbackhoax, Politisi PDI-P Effendi Simbolon membantah kabar tersebut, dan mengatakan bahwa saat ini kondisi Megawati dalam keadaan sehat di kediaman pribadinya di Menteng, Jakarta Pusat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait