menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Viral Ceramah Ustad Abdul Azis, Sebut Tumpeng Bisa Bikin Orang Jadi Hindu

Griska Laras,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral Ceramah Ustad Abdul Azis, Sebut Tumpeng Bisa Bikin Orang Jadi Hindu
Image: istimewa

Jakarta - Belum lama ini jagat maya dihebohkan dengan beredarnya video ceramah Ustad Abdul Azis.  Dalam video tersebut, dia menyebut bahwa memakan tumpeng bisa membuat seseorang menganut agama Hindu.
 
Dalam video berjudul 'Bahaya Tumpeng' yang diunggah di akun Instagram @lawyer.sunnah, Ustad Azis menjawab pertanyaan peserta kajian.

Dia kemudian menampilkan gambar tumpeng nasi kuning melalui proyektor dan mengatakan bahwa hidangan khas yang seringkali disantap saat perayaan acara besar bisa membuat seseorang berkeyakinan Hindu.

"Konsep di dalam agama Hindu, di dalam kitab Manawa Dharamasastra Wedha Semerti disebutkan bagi orang yang berkasta sudra yang tidak bisa mengucapkan Om Swastiastu dan Om Awighnam Astu Ekam Eva Adwityam Brahman, sulit nggak syahadatnya? Maka di dalam Manawa Dharamasastra Wedha Semerti mengatakan cukup membikin tumpeng," ungkap Ustad Abdul Aziz.

Dia melanjutkan, bahwa bentuk tumpeng menyerupai Trimurti yang menjadi manifestasi tiga Dewa utama umat Hindu, yakni Brahma, Siwa dan Wisnu.

"Tumpeng bentuknya segitiga. Segitiga yang dimaksud di sini adalah Trimurti. Tiga manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Dewa Brahma, Wisnu dan Dewa Siwa. Umat Hindu mengatakan bahwa barangsiapa yang membuat tumpeng maka dia sudah beragama Hindu.  Kira-kira ucapan saudara kita itu, ada imbasnya nggak sama kita? Rasulullah telah bersabda, barangsiapa yang bertasyabbuh atau menyerupai suatu kaum, maka dia adalah golongannya," lanjutnya.

Potongan ceramah ini menuai pro dan kontra di berbagai kalangan masyarakat. Sejumlah kritik pun datang dari penganut agama Hindu yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut.

Mereka mengatakan, diperlukan proses yang panjang untuk masuk Hindu.

"Kalo mau masuk Hindu prosesnya panjang, ga cuma bikin tumpeng terus jadi Hindu," cuit seorang netizen.

"Hindu nggak punya ayat-ayat yang begituan," balas yang lain.

"Letak kesirikan itu tidak menempel pada benda, tapi terletak pada pikiran dan mindset seseorang".

Ustad Abdul Azis sendiri mengaku sebagai mualaf yang sebelumnya diketahui pernah menjadi pendeta agama Hindu alias Brahma. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait