beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Viral 'Donasi Kaos Oblong' untuk Nakes Wisma Atlet, BNPB: Hoax

Kintan Lestari,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral 'Donasi Kaos Oblong' untuk Nakes Wisma Atlet, BNPB: Hoax
Image: Ilustrasi Hoax. (kominfo.go.id)

Jakarta - WhatsApp sering digunakan untuk membagikan berita atau kabar apapun yang ada di media sosial. Padahal kabar atau berita tersebut belum tentu benar.

Berita terkait COVID-19 pun bermunculan dan tengah ramai beredar di WhatsApp, mulai dari info meningkatkan imun sampai donasi. 

Nah, baru-baru ini beredar pesan berantai yang menyebutkan bahwa tenaga kesehatan (nakes) dan relawan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet membutuhkan donasi kaos oblong.

Dalam pesan berantai tersebut disebutkan kalau nakes dan relawan usai mengenakan APD baju dalamannya basah oleh keringat. Namun nakes dan relawan tidak membawa baju ganti sehingga membutuhkan kaos oblong untuk berganti pakaian.

Menanggapi beredarnya pesan berantai tersebut, BNPB menyatakan kalau itu adalah berita bohong alias hoax.

"Belakangan ini tersebar pesan berantai melalui jejaring sosial mengenai donasi kaos oblong bagi petugas medis dan relawan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet. BNPB memastikan bahwa pesan yang beredar tersebut adalah BERITA PALSU atau HOAX," cuit akun Twitter @BNPB_Indonesia, Jumat (23/7/2021).

BNPB dalam keterangannya juga menyatakan kalau pesan yang sama pernah beredar di WhatsApp pada bulan April tahun lalu.

Untuk menghindari penyebaran pesan hoax, BNPB mengimbau masyarakat untuk lebih bijak menyikapi berita mengenai COVID-19 yang didapat dengan mengeceknya di kanal informasi Hoax Buster.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait