beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtrending

Viral! Influencer Diduga Terima 'Booster' Vaksin Dosis Ketiga

Shelly Lisdya,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral! Influencer Diduga Terima 'Booster' Vaksin Dosis Ketiga
Image: ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Freepik/freepik)

Jakarta - Belum lama ini viral seorang influencer diduga mendapat jatah suntikan vaksinasi COVID-19 dosis tiga atau booster vaksin.

Padahal vaksin booster jenis Moderna atau vaksinasi COVID-19 dosis ketiga ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) guna meminimalisir penyebaran virus corona.

Sekadar diketahui, mengutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pemerintah bakal menyuntikkan booster kepada 1,47 juta nakes dengan menggunakan vaksin yang diproduksi oleh perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Moderna.

Indonesia setidaknya menerima 4,5 juta dosis vaksin Moderna yang merupakan bantuan AS melalui skema kerja sama multilateral, COVAX Facility.

Terkait influencer yang diduga mendapatkan vaksin booster ini pertama kali diunggah oleh pianist Johan Djayanto melalui Insta Story Instagram @johandjayanto pada Selasa, 27 Juli 2021.

Johan menceritakan, jika ia mendapat kabar bahwa salah satu influencer yang merupakan temannya telah menerima vaksin booster Moderna.

"Tadi siang ada temen gua tiba-tiba cerita kalau teman dia yang influencer (bokapnya pengusaha) hari ini dapet dosis ketiga moderna (yang sebenarnya buat Nakes). Ternyata gue juga follow dan bisa lihat story dia. If you know who is he/she, coba deh perhatiin latar belakang IG Story dia di gedung pemerintahan," tulis Johan seperti dikutip Urbanasia, Kamis (29/7/2021).

Johan Djayanto juga memposting tangkapan layar unggahan si influencer tersebut dalam keadaan blur. Hanya saja, postingan tersebut sudah dihapus.

Mendapati hal tersebut, Cathy Djaya yang merupakan teman Johan pun kemudian mengunggah ulang di Twitter. Melalui akun pribadinya @cathydjaya dia mencuit terkait dugaan adanya influencer yang menerima vaksin Moderna.

"Temen w cerita (di IG) kalau ada influencer yang dapat vaksis DOSIS KETIGA. INFLUENCER, bukan Nakes. Buktinya apa? si influencer nge-post di IG story dia sendiri. temen w sempat capture sblm dihapus. btw coba lihat lokasi vaksinnya dimana hehehe," tulis @cathydjaya.

1627530341-dosis-ketiga.jpgSumber: Tangkapan layar postingan Insta Story @johandjayanto/Instagram

Tak hanya itu, Cathy Djaya pun kemudian menjelaskan logika kenapa influencer tersebut mendapatkan vaksin Moderna.

"tau darimana vaksin merek Moderna? nah, mungkin itu blunder dari temannya temen gua karena gak disebut, TAPI: 1. saat membaca kata 'vaksin KETIGA', otak gua juga otomatis mikirnya MODERNA karena berita tentang Tenaga Kesehatan akan diberikan vaksin dosis ketiga merek Moderna," tulisnya.

"2. mau merek apapun, apakah bijaksana untuk menerima vaksin dosis ketiga di Indonesia di saat persentase penduduk Indonesia yang sudah divaksin sebanyak 2x masih termasuk rendah? nih data dari Google: 1x = 16.7% 2x = 6.9% per 27 Juli 2021. masih dikiiit banget!" lanjutnya.

Hingga berita ini ditayangkan, Urbanasia tengah menghubungi pihak terkait dalam hal ini Kemenkes untuk menanyakan adanya influencer yang diduga menerima vaksin Moderna.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait