beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtrending

Viral Pungli Berkedok Buka-Tutup Portal di Bogor, Begini Faktanya

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral Pungli Berkedok Buka-Tutup Portal di Bogor, Begini Faktanya
Image: Petugas gabungan mencopot portal bambu di Desa Pandansari yang viral, Kamis (18/8/2022) (Foto: Twitter @txtdaribogor)

Bogor - Sebuah video singkat yang menunjukkan aktivitas pungli dengan kedok buka-tutup jalan menggunakan portal di Kabupaten Bogor viral di media sosial. Aksi tersebut terekam dalam video yang dibagikan oleh akun Twitter @txtdaribogor.

Dalam video yang beredar, awalnya seorang pengendara mobil ingin melintas di jalan tersebut. Namun perjalanannya harus terhenti oleh sejumlah pemuda yang menjaga portal. 

"Portal bertarif di jalan desa kawasan Bogor. Setelah ngelewatin beberapa pungli kita keabisan duit kecil. Dan kita coba kasih Rp 2.000, mereka minta Rp 5.000, dan sambil cengengesan ngerayu minta ceban. Setelah bayar portal pun dibuka," bunyi narasi dalam video tersebut.

Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut sejumlah fakta aksi pungli buka-tutup portal di Kabupaten Bogor yang dirangkum Urbanasia pada Jumat (19/8/2022):

1. Lokasi Berada di Jalan Alternatif Arah Puncak

Kejadian itu telah dikonfirmasi oleh Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat. Kepada wartawan, Kamis (18/8/2022), Agus menyebut lokasi kejadian ada di jalanan Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau jalan alternatif arah Puncak.

Agus menjelaskan, pihaknya bersama petugas gabungan dari TNI, Satpol PP dan perangkat desa setempat sudah mendatangi lokasi kejadian. Setiba di lokasi, portal yang terbuat dari bambu itu masih terpasang.

2. Video Viral Merekam Kejadian 4 Bulan Lalu

Lebih lanjut ia menjelaskan kejadian yang terekam dalam video viral sebenarnya bukan terjadi baru-baru ini, melainkan sudah sekitar empat bulan lalu. Namun memang video itu baru viral beberapa hari lalu.

"Baru viral kemarin. (Kejadian) Empat bulan yang lalu, saya belum masuk kesini sudah kejadian. Saya baru masuk dua bulan," ungkap Agus. 

Agus menegaskan, sejak ia menjabat sebagai Kapolsek Ciawi, sudah tak ada lagi pungli di Desa Pandansari. Portal liar di kawasan itu juga dipastikan sudah tak ada lagi penjaganya.

"Sementara ini yang jaga portal gak ada, cuma yang suka ngatur-ngatur di jalan. Pengendara ada yang gak tau jalan ditunjukkan jalannya dan dikasih uang Rp 1.000 atau Rp 2.000 gitu," jelasnya.

3. Portal Pungli yang Viral Sudah Dicopot

Agus menambahkan, portal bambu yang viral itu kini sudah disingkirkan. Petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan sejumlah perangkat desa setempat telah mencopot portal tersebut pada Kamis (18/8/2022).

"Portal sementara ini udah nggak ada," tegasnya.

Agus menambahkan pihaknya juga telah menemui pelaku yang ternyata warga setempat. Polisi juga sudah berkomunikasi kepada para anggota Karang Taruna dan pengurus desa setempat agar kejadian serupa tak terulang kembali.

"Semalam sudah kami cari dan bicarakan dengan Karang Taruna Desa Pandansari agar tidak melakukan perbuatannya lagi. Apabila diulangi, akan kami tindak tegas," terang Agus.

4. Soal Pria Pakai Baju Pemuda Pancasila, Polisi: Bukan Anggota Lagi

Ia pun turut membenarkan, salah satu oknum yang terekam dalam video viral itu ada yang menggunakan seragam ormas Pemuda Pancasila (PP). Namun dari hasil pemeriksaan sementara, ternyata pelaku sudah bukan lagi anggota PP.

"Setelah kami klarifikasi dengan Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) PP, mereka (pelaku pungli) katanya sekarang sudah dikeluarkan dari keanggotaan," tutur Agus.

Kini sudah ada dua orang yang diperiksa, yaitu warga yang diduga melakukan pungli tersebut. Namun sampai saat ini polisi belum memberikan keterangan lebih lanjut karena proses penyelidikan masih berjalan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait