beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Viral! Video Detik-detik Ombak Besar Hantam Kawasan Manado Town Square

Nivita Saldyni,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral! Video Detik-detik Ombak Besar Hantam Kawasan Manado Town Square
Image: Tangkapan layar detik-detik ombak besar terjang kawasan Mantos, Selasa (7/12/2021). (Instagram @riopandey87)

Manado - Sebuah video viral di internet menunjukkan detik-detik ombak besar menerjang kawasan Manado Town Square (Mantos).

Video itu dibagikan oleh salah satu netizen, pemilik akun Instagram @riopandey87 lewat Instagram Stories pada Selasa (7/12/2021).

Ombak besar disertai angin kencang itu diduga terjadi di kawasan belakang Mantos, tempat yang biasa menjadi parkir kendaraan. Ombak dari pantai di kawasan itu terlihat masuk ke badan jalan dan menyebabkan banjir rob.

Dalam video berbeda, pemilik akun juga membagikan video saat sejumlah mobil antre untuk meninggalkan lokasi. Namun ada satu mobil berwarna merah yang tampaknya terjebak di dekat pohon. Hal itu membuat sejumlah warga berlarian ke arah mobil tersebut untuk memberikan pertolongan karena air laut terus masuk ke badan jalan.

Bahkan genangan air itu masuk ke area mall. Tampak sejumlah petugas mencoba untuk mencegah air masuk, namun tak berhasil meski pintu masuk sudah ditutup.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksi dan mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia. Salah satunya termasuk wilayah perairan Sulawesi Utara.

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat - Utara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya - Barat laut dengan kecepatan angin berkisar 4 - 27 knot," kata BMKG dalam keterangan resminya, Rabu (8/12/2021).

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna utara, Perairan Kep. Anambas - Kep. Natuna, Samudra Hindia selatan Jawa tengah dan Jawa timur, Perairan utara Papua barat hingga Papua, Samudra Pasifik utara Papua barat hingga Papua," sambungnya.

Dalam peringatan dini tersebut, BMKG menyebut perairan Sulawesi Utara berada di daftar area perairan dengan gelombang sedang yaitu 1.25 - 2.50 m.

Nah peringatan itu dikeluarkan pada Selasa (7/12/2021) dan berlaku dua hari, yaitu 8 dan 9 Desember 2021.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Termasuk meningkatkan kewaspadaan.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," pungkasnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Forum Wartawan Polri (FWP) (@forumwartawanpolri)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait