Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Wahai Pemakai Lensa Kontak, Ini 5 Tips Dandan Secara Aman

Itha Prabandhani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wahai Pemakai Lensa Kontak, Ini 5 Tips Dandan Secara Aman
Image: Ilustrasi pakai lensa kontak. (Pixabay/slavoljubovski)

Jakarta - Lensa kontak atau contact lens nggak cuma digunakan untuk membantu penglihatan, tapi juga bisa bikin look kamu berbeda. Saat ini, nggak sedikit yang menggunakan lensa kontak untuk membuat kesan mata lebih belo atau tampilan ala boneka dan anime yang imut.

Kalau kamu menggunakan lensa kontak, kamu perlu lebih berhati-hati saat mengaplikasikannya, guys. Produk makeup yang tanpa sengaja masuk ke dalam mata, dapat membuat iritasi yang serius karena lensa kontak yang kamu gunakan.

Nah, biar kamu bisa dandan dengan maksimal dan tetap aman, yuk ikuti beberapa tips yang dilansir Urbanasia dari Byrdie berikut ini!

1. Pastikan Tangan Higienis

1613611573-cuci-tangan---freepik.jpgSumber: Ilustrasi cuci tangan. (Freepik)

Pertama-tama, pastikan tangan kamu bersih dan higienis. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih lalu keringkan dengan handuk bersih. Lalu, pasang lensa kontak dengan hati-hati. Sebaiknya kamu memasang lensa kontak sebelum berdandan. Memasang lensa kontak sesudah berdandan akan lebih berisiko karena tangan yang terkontaminasi produk makeup.

2. Gunakan Alat yang Lembut

1628039037-lensa-kontak--freepik-veronastudio.jpgSumber: Ilustrasi aplikator lembut. (Freepik/veronastudio)

Untuk menghindari merusak lensa kontak saat mengaplikasikan makeup, gunakan alat-alat yang lembut ketika kamu lagi mengerjakan area sekitar mata. Gunakan Q-tips, brush, atau aplikator yang halus. Menggunakan alat untuk mengaplikasikan makeup, juga untuk meminimalisasi penggunaan jari tangan dalam mengaplikasikan produk.

3. Pilih Produk Hypoallergenic

1620451571-primer---freepik-tongpatong.jpgSumber: Ilustrasi primer. (Freepik/tongpatong)

Untuk pengguna lensa kontak, sebaiknya gunakan produk-produk skincare dan makeup yang diformulasikan untuk tidak menimbulkan reaksi alergi. Selain itu, pilih produk yang bebas minyak dan tidak mengandung parfum.

4. Hati-hati Mengaplikasikan Eye Product

1624094984-rekomendasi-eyeshadow-korea---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Rekomendasi eyeshadow. (freepik/valuavitaly)

Saat menggunakan produk makeup di area mata seperti eyeliner dan maskara, kamu perlu ekstra hati-hati dan memastikan bahwa tidak ada produk yang masuk ke mata. Maskara yang sudah menggumpal atau mengandung fiber, rentan jatuh ke dalam mata dan membuat iritasi. Karena itu, pastikan maskara kamu masih dalam kondisi baik.

Untuk menggunakan eyeliner, lebih baik gunakan eyeliner cair yang mudah diaplikasikan dan cepat kering. Aplikasikan dengan pelan-pelan, jika kamu ingin menggunakan eyeliner di area waterline. Selain itu, kamu juga mesti waspada dengan fallout dari eyeshadow.

5. Lepas Lensa Kontak Sebelum Membersihkan Wajah

1628039030-lensa-kontak--pixabay-Martin-Slavoljubovski.jpgSumber: Ilustrasi pakai lensa kontak. (Pixabay/slavoljubovski)

Meskipun kamu menggunakan makeup remover yang lembut, ada kemungkinan produk akan masuk ke dalam mata. Karena itu, lebih amannya kamu lepasin dulu aja lensa kontakmu sebelum membersihkan wajah. Cuci tangan sampai bersih lalu lepaskan lensa kontak. Sesudahnya, kamu bebas membersihkan wajah dengan produk pembersih yang kamu punya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait