Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Warga Jatim Bisa Lihat Gerhana Bulan 19 November, Berikut Waktunya!

Nivita Saldyni,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Warga Jatim Bisa Lihat Gerhana Bulan 19 November, Berikut Waktunya!
Image: Ilustrasi Gerhana Bulan Sebagian (BMKG)

Surabaya - Urbanreaders sudah tahu kan kalau besok, Jumat (19/11/2021), akan ada fenomena gerhana bulan sebagian. Meski puncaknya hanya bisa dinikmati di wilayah Manokwari dan Jayapura, namun kamu yang ada di Jawa Timur (Jatim) juga bisa melihat fenomena alam satu ini loh.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto mengatakan kita bisa melihat fenomena ini di hampir seluruh wilayah Jatim.

Sayangnya kita hanya bisa menikmati sebagian fase gerhana bulan sebagian, yaitu akhir dari fase gerhana sebagian dan gerhana bulan penumbra.

"Warga Jatim bisa mengamati gerhana bulan sebagian saat mulai bulan terbit, menjelang akhir fase gerhana bulan sebagian, hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB," kata Teguh dikutip dari keterangannya, Kamis (18/11/2021).

Sementara jika berdasarkan 'Data Visibilitas Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021 M di Jawa Timur' yang dirilis BMKG, seluruh kabupaten dan kota di Jatim bisa melihat gerhana bulan sebagian ini. Warga Jatim bisa menikmati akhir fase gerhana sebagian mulai pukul 17.47 WIB hingga gerhana berakhir di pukul 19.05 WIB.

Nah Teguh mengatakan Stasiun Geofisika Malang akan melakukan pengamatan di halaman Kantor Stasiun Geofisika Malang pada Jumat (19/11/2021) besok. Kamu yang di Malang dan sekitarnya juga bisa mengamati dari tempatmu masing-masing.

"Warga Malang dan sekitarnya bisa mengamati saat mulai bulan terbit pukul 17.30 WIB menjelang akhir fase gerhana bulan sebagian, hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB," pungkasnya.

Gimana Urbanreaders di Jatim, sudah siap untuk mengamati gerhana bulan sebagian besok?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait