beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Waspada! 5 Penyakit Ini Rentan Dialami Milenial dan Gen Z 

Griska Laras,
11 Januari 2022 16.15.14 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada! 5 Penyakit Ini Rentan Dialami Milenial dan Gen Z 
Image: Ilustrasi sakit. (Freepik)

Jakarta - Generasi millennial dan Gen Z hidup di era digital dimana teknologi berkembang pesat. Kemudahan hidup yang ditawarkan teknologi rupanya nggak membuat generasi ini lebih sehat.

Berdasarkan survey Blue Cross Blue Shield Association (BCBSA), generasi milenial rentan terserang penyakit-penyakit kronis di usia muda. Berikut beberapa penyakit yang rentan menyerang generasi milenial dan Gen Z.

1. Depresi 

1619399059-hadapi-sakit-hati---freepik-jcomp.jpgSumber: Sakit Hati/Freepik by jcomp

Berdasarkan survey BCBSA, milenial dan gen Z lebih rentan terserang gangguan kesehatan mental daripada fisik. 

Gangguan kesehatan mental yang paling banyak dialami adalah depresi mayor. Tingkat stress yang tinggi dan terjadi secara terus menerus menjadi faktor pemicu utama depresi pada milenial.

2. Nyeri punggung

1641892243-nyeri-punggung-.jpeg

Sumber: Nyeri punggung/Freepik

Gaya hidup sedentary atau kurang bergerak banyak dilakukan generasi milenial dan gen z. Kebiasaan duduk berjam-jam di depan laptop ata  televisi  menyebabkan mereka rentan terkena penyakit sendi, termasuk nyeri punggung.  

3. Hipertensi 

1636042130-ilustrasi-tekanan-darah-tinggi.jpgSumber: Ilustrasi Darah Tinggi (Freepik/senivpetro)

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi kini tidak hanya menyerang orang berusia lanjut, tapi juga dialami milenial. Prevalensi hipertensi pada milenial lebih banyak disebabkan faktor gaya hidup.  

Stress yang tidak dikelola dengan baik serta mengonsumsi makanan tinggi garam dan lemak menjadi beberapa pemicu darah tinggi di usia muda. 


4. Diabetes Tipe II

1594993321-komplikasi-diabetes.jpgSumber: Ilustrasi diabetes. (freepik)


Diabetes tipe II umumnya dialami oleh orang berusia lanjut. Tapi kini banyak anak mua dari generasi milenial yang mengidap penyakit ini.

Diabetes tipe II yang dialami milenial disebabkan karena banyak mengonsumsi makanan manis. Selain makanan, gaya hidup sedentary juga menjadi faktor pemicu penyakit ini. 

5. Penyakit Chron

1609040616-sakit-perut.jpgSumber: Ilustrasi sakit perut (Freepik)

Chron disease atau penyakit chron adalah peradangan pada lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga anus. Tetapi lebih sering terjadi di bagian usus halus dan usus besar. Penyakit chron disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan tidak teratur hingga mengonsumsi makanan tidak sehat atau junk food.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait