Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

Waspada! Ini 5 Tanda Kosmetik yang Mengandung Merkuri

Elga Nurmutia,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada! Ini 5 Tanda Kosmetik yang Mengandung Merkuri
Image: Ilustrasi Memakai Kosmetik(Freepik/Cookie_studio)

Jakarta - Minimnya pengetahuan mengenai produk kosmetik dapat mengancam kesehatan seseorang. Pasalnya, tak bisa dipungkiri kini begitu marak berbagai produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan bahaya.

Salah satu kandungan itu bernama merkuri. Mungkin, bagi sebagian orang  sudah tidak asing lagi mendengar kandungan tersebut.

Merkuri dalam kosmetik ini disebut sebagai raksa (Hg) yang merupakan logam berat yang secara alami berada di alam. Namun, zat tersebut dapat mengakibatkan racun bagi kesehatan dan lingkungan apabila penggunaannya tidak dikontrol.

Maka sebab itu, Urbanreaders perlu hati-hati dalam membeli produk kosmetik dan pastikan legalitas produknya sudah terdaftar di BPOM RI.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan 5 tanda kosmetik yang mengandung merkuri, diantaranya:

1. Tidak Memiliki Label BPOM

1637631050-kosmetik-1.jpgSumber: Ilustrasi Kosmetik (Freepik/Freepik)

Jika ingin membeli produk kosmetik, perlu dipastikan produk tersebut tercantum dalam situs BPOM resmi. Tidak hanya pada label yang tertera, kamu juga bisa mendapatkan data dan informasi resminya secara online.

Kamu bisa mencari dengan menggunakan nomor registrasi, nama produk maupun merk. Apabila tidak memiliki label BPOM, maka produk tersebut tidak mempunyai nomor registrasi yang terdaftar di sana.

2. Label yang Mencurigakan

1612768224-kosmetik-ilegal-FB-BPOM.jpegSumber: Ilustrasi kosmetik ilegal (BPOM/Facebook)

Kemudian, ketika kamu membeli kosmetik dari luar negeri  dengan label yang mencurigakan, maka perlu memperhatikan sejumlah istilah kandungannya. 'Misalnya, mercurous chloride,calomel,mercuric,mercurio, ataupun mercury. Artinya, produk tersebut mengandung merkuri dan harus segera menghentikan pemakaian kosmetiknya sebelum terlambat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait