beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Waspada, Ini 5 Tanda WhatsApp Kamu Disadap

Shinta Galih,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada, Ini 5 Tanda WhatsApp Kamu Disadap
Image: Daftar ponsel yang diblokir Whatsapp (Foto: Programadores)

Jakarta - Sebagai platform pesan paling populer di dunia, WhatsApp menjadi incaran pelaku kejahatan dunia maya alias hacker. Salah satunya aksi yang kerap dilakukan adalah penyadapan.

Dengan melakukan penyadapan, hacker dapat mengali informasi penting yang korban kirimkan di aplikasi WhatsApp. Tentunya ini dapat menimbulkan kerugian besar bila informasi yang dipantau bersifat sensitif dan rahasia.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda WhatsApp kamu disadap. Setidaknya ada 5 tanda yang perlu diperhatikan:

1. Menerima kiriman OTP

Tanda umum peretasan WhatsApp terjadi apabila pengguna tiba-tiba keluar dari aplikasi dan menerima kiriman kode OTP melalui pesan singkat maupun telepon.

Jangan menyerahkan kode OTP tersebut kepada siapapun, termasuk orang yang kamu percaya sekalipun. Pasalnya, untuk melakukan kloning nomor pelaku harus memiliki akses terhadap kartu SIM korban lewat OTP tadi.

2. Pesan telah terbaca

Tanda WhatsApp dibajak berikutnya adalah pesan yang sudah terbaca padahal kamu belum membuka pesan tersebut. Itu artinya ada pihak lain atau orang lain yang sudah lebih dulu membaca pesan tersebut.

Pesan yang sudah terbaca ditandai dengan dua centang biru di bagian pesan. Tanda ini dapat diaktikan dibagian pengaturan.

3. Mendadak keluar dari akun WhatsApp

Kalau tiba-tiba keluar dari akun WhatsApp, ada kemungkinan akun kamu dibajak. Jika nomor yang sama kemudian didaftarkan pada perangkat lain, maka akan peringatan muncul di ponsel sebagai berikut:

"Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda."

Jika kamu mendapatkan notifikasi itu dan tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, jangan tekan Oke. Sebaliknya, kamu harus tekan verifikasi agar akun Whatsapp tidak berpindah ke ponsel lain.

4. Muncul pesan misterius

Jika mendapatu pesan terkirim kepada seseorang tanpa sepengetahuan kamu, kemungkinan pesan tersebut dikirim oleh pihak lain yang menyadap akun. Besar kemungkinan ada orang lain yang berhasil meretas akun dan mengirim pesan tersebut.

5. Status online padahal tidak aktif

Jika status kamu terlihat online padahal sedang tidak menggunakan WhatsApp, kemungkinan ada orang lain yang sedang membuka akun kamu.

Jika WhatsApp sudah telanjur diretas, kamu bisa menonaktifkan akun agar tidak ada yang bisa menggunakannya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengirim email dukungan di [email protected] dengan frasa "Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya" di badan email.

Setelah akun dinonaktifkan, pengguna memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkannya kembali sebelum dihapus sepenuhnya

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait