Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

WhatsApp & ICT Watch Besut JaWAra Internet Sehat untuk Gencarkan Literasi Digital

Afid Ahman,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
WhatsApp & ICT Watch Besut JaWAra Internet Sehat untuk Gencarkan Literasi Digital
Image: Ilustrasi Whatsapp (Pixabay-jorge)

Jakarta - WhatsApp dan ICT Watch kembali berkolaborasi dalam menggencarkan literasi digital di Indonesia. Kali ini lewat JaWAra Internet Sehat.

Ini adalah sebuah gerakan edukasi akar rumput oleh anak muda di 28 provinsi Indonesia.

Sebab, WhatsApp dan ICT Watch melihat terdapat banyak misinformasi yang beredar. Ditambah lagi adanya kesenjangan literasi digital antara generasi dan provinsi di tengah wabah COVID-19.

Kondisi tersebut bisa berakibat fatal. Sebab banyak orang yang mempercayai berita bohong di platform digital sehingga enggan untuk divaksinasi dan meminimalisasi kemungkinan terinfeksi virus.

"Hal ini yang menjadi alasan mengapa kami bersama WhatsApp ingin mendorong anak muda dari berbagai daerah untuk dapat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan literasi digital di ranah lokal, khususnya dalam menjaga keamanan digital dan melawan hoaks," Indriyatno Banyumurti, Manajer Program ICT Watch.

Program JaWAra Internet Sehat bakal menggandeng 60 aktivis muda untuk memprakarsai dan memfasilitasi kegiatan edukasi literasi digital di komunitas masing-masing dalam mengatasi misinformasi dan isu-isu privasi. Tentunya mereka akan mendapatkan dukungan dari WhatsApp dan ICT Watch.

"Ke depannya, kami berencana memberikan dukungan penuh untuk memerangi misinformasi dan menyebarkan kesadaran literasi digital. Kami harap banyak orang akan bergabung ke kegiatan-kegiatan yang diadakan di daerah mereka dan dapat belajar lebih banyak tentang melindungi keamanan digital,” kata Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia.

Menanggapi JaWAra Internet sehat ini, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, perubahan budaya masyarakat Indonesia yang lebih mobile first, membawa pada semakin banyaknya aktivitas masyarakat terjadi di dunia digital.

Menurutnya, dampak negatif dari ini adalah masyarakat menjadi rentan terhadap konten-konten negatif yang beredar. Untuk itu, perlu meningkatkan literasi digital masyarakat.

"Oleh karena itu, kami sangat mendukung dan mengapresiasi program JaWAra Internet Sehat yang diinisiasi oleh WhatsApp dan ICT Watch ini. Harapan kami, program ini dapat berkelanjutan agar dapat membantu mewujudkan masyarakat digital Indonesia," pungkas Semuel.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait