beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

WhatsApp Tambah Pilihan Durasi Pesan Hilang Otomatis

Shinta Galih,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
WhatsApp Tambah Pilihan Durasi Pesan Hilang Otomatis
Image: Ilustrasi Whatsapp (Pixabay-antonbe)

Jakarta - WhatsApp merilis fitur Disappearing Messages pada tahun lalu. Kini layanan pesan yang dimiliki Meta menambah pilihan durasi pesan hilang secara otomatis.

"Kami juga menambahkan dua pilihan durasi baru untuk fitur pesan sementara, yaitu: 24 jam dan 90 hari, selain opsi 7 hari yang sudah ada sebelumnya," ujar WhatsApp dalam blog resminya, dikutip, Selasa (7/12/2021). 

WhatsApp menerangkan, pengguna memiliki opsi untuk menyalakan fitur pesan sementara secara default untuk semua chat baru. Saat dinyalakan, semua pesan di chat individu baru yang Anda atau pengguna lain kirim akan hilang setelah durasi yang dipilih.

Selain itu, WhatsApp telah menambahkan opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk menyalakan fitur pesan hilang otomatis pada saat membuat chat grup.

Namun fitur baru ini bersifat opsional dan tidak akan mengubah atau menghapus pesan yang sudah ada.

Mengaktifkan Fitur Pesan Hilang Otomatis

1638853147-whatsapp.jpgSumber: WhatsApp Tambah Pilihan Durasi Pesan Hilang Otomatis. (Dok. WhatsApp)

Cara mengaktifkan fitur pesan terhapus otomatis, baik di iPhone maupun Android, sama. Pengguna cukup membuka Pengaturan/Setelan WhatsApp > ketuk Akun > Privasi > Timer pesan default lalu pilih durasi.

Namun perlu diketahui saat mengaktifkan Pesan Hilang Otomatis, pengguna dapat menyetel agar pesan menghilang dalam 24 jam, 7 hari, atau 90 hari setelah dikirim. Setelan ini tidak akan memengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur pesan sementara diaktifkan.

Di chat individual, masing-masing pihak dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara. Di chat grup, semua peserta grup dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara.

Namun, admin dapat mengubah setelan grup agar hanya admin yang dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara.

Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama periode waktu 24 jam, 7 hari, atau 90 hari, pesan tersebut akan hilang dari chat. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Ketika Anda membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang pengguna balas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah durasi yang dipilih.

Bila pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan. Kalau pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait